Kisah Rosidah, Youtuber Indonesia yang Populer di Asia: Raup Rp 100 Juta per Bulan


Naviri Magazine - Nikmatul Rosidah, perempuan asal Indonesia yang menetap di Hong Kong, menjadi salah satu pengunggah video Youtube terkenal di Asia, dengan pendapatan hingga Rp100 juta dalam sebulan.

Pendapatan tertinggi itu diterima ketika salah satu video miliknya ditonton hingga 15 juta pengguna Youtube.

"Sebulannya paling tinggi sekitar US$7.100 (sekitar Rp100 juta; kurs Rp14.324,5)," tuturnya dalam wawancara.

Dalam setahun, pendapatan Rosidah bisa mencapai 400 ribu dollar Hongkong atau sekitar Rp740 juta (kurs Rp1.849.43).

Rosidah terkenal karena konten-konten yang ia unggah di kanal Youtube sejak 2013. Video-video yang ia unggah di kanal itu berupa cara memasak berbagai menu makanan khas rumah, seperti tempe, gulai ikan, ayam kecap, hingga kue nastar.

Saat ini, Nikmatul Rosidah sudah memiliki 1,4 juta pengikut. Dalam sehari, sedikitnya terdapat 150 ribu penonton.

Rosidah mulai aktif mengunggah konten-konten di Youtube pada tahun 2013.

"Awalnya iseng-iseng, saya mulai bikin video 2014, tapi anak-anak aja waktu itu... 2015 saya mulai unggah masakan. Akhirnya 2017 baru mulai dikenal banyak orang," tutur Rosidah.

Menurut Rosidah, video-video yang ia rekam dengan smartphone-nya tidak sengaja direkam untuk pertunjukan. Sehingga, ia tak punya tim khusus untuk membuat video-video itu. Ia juga tidak melakukan persiapan khusus seperti lighting atau pengaturan khusus saat mulai merekam.

Ia pun tak memakai aplikasi yang mahal untuk mengedit video masakan itu. Ia hanya menggunakan aplikasi edit video yang ada di ponsel dan bisa menghabiskan tiga jam untuk menyelesaikan pengeditan video itu.

"Masakan yang saya buat sederhana, mungkin itu yang membuat orang tertarik. Orang suka masakan yang bergaya pedesaan. Saya merekam apa yang saya masak sehari-hari," jelasnya.

Rosidah mulai meyadari dirinya dikenal orang saat sedang berjalan-jalan ternyata banyak orang yang memanggil dan meminta untuk swafoto.

"Awal-awalnya ngga tahu... (tapi) pas liburan ke Singapura, Malaysia, dan di jalan-jalan, itu selalu dipanggil (oleh orang setempat)," tuturnya

"Di Hongkong waktu itu ada pertunjukan Flower Market, saya kaget sebentar-sebentar dipanggil."

"Dia lantas ber-selfie dengan semua orang," timpal suami Rosidah, Paul Dobson, seorang Kanada yang berprofesi sebagai guru di Hong Kong.

Dalam wawancara dengan SCMP, Paul bahkan bercerita kalau Rosidah juga sempat disapa salah satu penontonnya, saat mereka berjalan-jalan di kebun binatang di Kanada. 

Kepopuleran Rosidah ikut membuat anggota keluarganya terkenal. Paul bercerita, ia sempat dikenali salah satu petugas imigrasi saat di Singapura. Anak Rosidah, Daniel, digemari sejumlah penonton wanita di Indonesia, dan bahkan kini punya akun Instagram sendiri untuk para penggemarnya.

Salah satu artis Indonesia, Marissa Haque, bahkan mengikuti kanal Youtube Rosidah. Padahal Rosidah sudah lama menjadi fans Marissa.

Belakangan, Rosidah mendapat tawaran untuk mempromosikan sejumlah barang dari sponsor, seperti blender hingga krim kecantikan. Namun, kebanyakan tawaran itu ia tolak karena khawatir mengganggu kredibilitas dirinya.

Related

News 2048254733865148075

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item