Misteri Munculnya Cahaya-cahaya Aneh di Texas yang Tak Pernah Terungkap


Naviri Magazine - Tahun 1957 merupakan kisah awal mengenai penampakan Marfa Light, dan untuk pertama kalinya fenomena misterius yang kerap disebut "Ghost Light of Texas" tersebut dimuat sebagai salah satu artikel majalah di Amerika Serikat.

Tetapi, laporan lisan Marfa Light lebih awal sudah dikisahkan oleh Robert Reed Ellison pada tahun 1883.

Sejarawan Cecilia Thompson, dalam buku "Marfa History and Presidio Country", memang tidak mencatat kisahnya menyaksikan Marfa Light dalam memoarnya, namun dia menceritakannya secara lisan kepada anggota keluarganya yang lain.

Laporan mengenai penampakan cahaya pijar misterius di malam hari itu setidaknya telah muncul sejak permulaan abad-20, dan masih terus berlangsung hingga saat ini.

Laporan-laporan mengenai Marfa Light digambarkan berupa bola cahaya pijar yang melayang-layang di udara dalam posisi yang tidak terlalu tinggi dari permukaan air laut, namun kadang-kadang juga terlihat melayang sangat tinggi di udara.

Cahaya-cahaya yang mereka pancarkan pada umumnya berwarna kuning, jingga, atau merah, namun tidak sedikit pula yang memancarkan cahaya berwarna biru dan hijau. Dari beberapa laporan, biasanya bola-bola pijar misterius ini muncul secara berpasangan maupun berkelompok, sesekali terlihat saling menyatu satu sama yang lainnya, dan kerap menghilang untuk beberapa saat, lalu muncul kembali.

Pola-pola gerakan mereka juga sangat bervariasi. Pada awalnya mungkin mereka terlihat tidak bergerak/statis di suatu tempat, kemudian bergerak menyamping dalam kecepatan yang rendah, atau kadang-kadang mereka terlihat melintas secara kilat dan secara vertikal maupun horisontal.

Marfa Light muncul sesekali waktu dan tak dapat diduga-duga, mungkin mereka muncul satu kali dalam kurun waktu dua minggu. Tidak ada laporan penampakan pada siang hari, mereka mucul hanya pada malam hari.

Pada umumnya, Marfa Light kerap terlihat di sebelah selatan rute 90, lima sampai lima belas mil sebelah timur Marfa, Texas, pada setiap musim dan di berbagai kondisi cuaca.

Hingga saat ini, telah banyak orang yang telah menyaksikannya, tanpa tahu sedikit pun mengenai asal-usul mereka yang sebenarnya.

Sebenarnya, fenomena-fenomena misterius seperti ini tidak hanya muncul di kawasan Marfa, Texas, di beberapa kawasan dunia juga sering terdengar laporan penampakan bola pijar melayang seperti itu. Namun hanya di kawasan Marfa mereka paling kerap dijumpai pada setiap bulan.

Suatu kawasan di Norwegia sesekali juga sering ditemukan fenomena seperti ini, masyarakat sekitar menyebutnya Hessdalen Light, begitu pula di kawasan timur laut Australia, yang kerap disebut fenomena Min's Light.

Sejumlah proyek penelitian telah dilakukan pada dasawarsa terkahir, beberapa dokumentasi video dan fotografis mengenai penampakan Marfia Light telah banyak terkumpul, namun sayangnya sampai sekarang belum ada suatu mufakat yang dicapai dari hasil penelitian.

Keterangan skeptis yang dominan mengatakan bahwa bola pijar tersebut adalah semacam fatamorgana yang disebabkan oleh perbedaan tekanan suhu yang cukup besar di antara lapisan-lapisan udara dingin dan hangat.

Namun perlu diketahui, Marfa Light biasanya kerap muncul di ketinggian 4.688 kaki di atas permukaan laut, dan suhu differentials 50-60 derajat dimana tekanan udara pada ketinggian itu tergolong biasa saja.

Ada pula yang mempertahankan sebuah teori yang menyatakan Marfa Light terbentuk akibat gejala yang terjadi secara alami, yaitu piezoelectric efek, yang ditemukan oleh Pierre Curie pada tahun 1883.

Related

Science 5568000412198388216

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item