Perlu Tahu, Ini Spesies Gurita dengan Racun Paling Mematikan di Dunia


Naviri Magazine - Gurita cincin biru (genus Hapalochlaena) adalah spesies yang hidup di air pasang samudera Pasifik, dari Jepang hingga Australia (terutama di sekitar selatan New South Wales dan Australia selatan). Meskipun ukurannya relatif kecil, namun hewan ini dianggap sebagai hewan paling beracun di dunia laut.

Gurita mematikan ini menghasilkan racun yang mengandung tetrodotoxin, 5-hydroxytryptamine, hyaluronidase, tiramine, histamine, tryptamine, octopamine, taurine, asetilcoline, dan dopamine. “Ramuan racun” itu memiliki keampuhan sepuluh ribu kali dibanding sianida, dan dapat membunuh 26 manusia dewasa sekaligus dalam hitungan menit.

Racun itu diproduksi oleh bakteri dalam kelenjar ludah gurita. Ketika tersengat, korban akan mengalami kelumpuhan, sesak napas, kemudian serangan jantung yang berakibat kematian. 

Yang mengerikan, sengatan gurita ini sering kali tidak terasa sebagaimana umumnya sengatan hewan beracun lainnya, sehingga korban sering kali tidak menyadari maut sedang mengancamnya.

Related

Science 1454366297976029131

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item