Tips Sukses Belajar Matematika (Bagian 1)


Naviri Magazine - Salah satu mata pelajaran yang sering membuat “takut” adalah matematika. Di kalangan para pelajar seperti ada semacam ungkapan yang menyatakan bahwa guru matematika selalu tidak asyik. 

Padahal, kenyataan yang sebenarnya terjadi belum tentu seperti itu. Bisa saja guru yang mengajar matematika di sekolah termasuk guru yang asyik, hanya saja materi pelajarannya yang memang cenderung sulit, sehingga murid-murid jadi “alergi” dengan guru tersebut.

Kalau kamu termasuk murid yang pintar dalam matematika, kamu patut bersyukur karena kebanyakan murid yang lain justru merasa sulit mempelajari pelajaran yang satu ini. Nah, kalau kamu kebetulan termasuk murid yang merasa “takut” dengan pelajaran matematika, tip berikut ini akan membantumu untuk dapat sukses belajar matematika. 

Tumbuhkan motivasi yang kuat

Segala sesuatu akan dapat dikerjakan dengan baik jika seseorang memiliki motivasi yang kuat atas hal itu. Begitu pula halnya dengan belajar matematika. Kalau kamu berpikir, “Ah, buat apa sih belajar hitung-hitungan seperti ini?” maka kamu pun akan cenderung malas untuk mempelajarinya.

Karenanya, langkah paling awal untuk dapat sukses belajar matematika adalah dengan menumbuhkan motivasi terlebih dulu. Kamu harus menyadari bahwa pengetahuan atas ilmu hitung atau matematika akan menjadi pengetahuan yang akan terus kamu butuhkan meski kamu sudah lulus dari sekolahmu sekarang. 

Kalau kamu akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, materi kuliah di perguruan tinggi pun banyak yang melibatkan matematika atau hitung-hitungan, meskipun kamu tidak secara khusus masuk jurusan matematika.

Dengan adanya keyakinan bahwa pengetahuan atas matematika akan menjadi sesuatu yang akan selalu kamu butuhkan, kamu pun menumbuhkan motivasi di dalam dirimu untuk mempelajarinya. Setelah motivasi tumbuh, langkah selanjutnya akan menjadi lebih ringan.

Selalu hadir pada waktu pelajaran

Materi dalam pelajaran matematika biasanya saling terkait antara satu bagian dengan bagian yang lain, meskipun mungkin bab pelajarannya telah berganti. Itu berarti pelajaran hari ini akan menjadi anak tangga untuk memasuki pelajaran besok pagi. Kalau kamu tidak hadir pada satu materi yang diberikan, kamu akan kesulitan untuk dapat memahami materi selanjutnya yang akan diajarkan.

Karenanya, selalulah hadir di kelas ketika pelajaran matematika. Siswa yang merasa kesulitan dengan matematika biasanya akan mencari cara untuk dapat membolos pada waktu pelajaran yang satu ini, mungkin dengan harapan agar terhindar dari satu materi yang terasa memusingkannya. 

Tetapi itu langkah yang justru keliru. Semakin dia menghindar, matematika akan menjadi semakin sulit. Sebaliknya, jika dia mau rutin datang di kelas setiap kali materi diberikan, dia akan dapat “mengunyah” pelajaran itu sedikit demi sedikit.

Kamu tidak bisa melewati satu anak tangga untuk dapat naik dengan mudah ke tingkat selanjutnya. Kamu harus melewati satu persatu anak tangga itu secara berurutan. Begitu pula dengan belajar matematika.

Dengarkan keterangan guru, dan bertanyalah

Karena matematika memang termasuk pelajaran sulit, setidaknya lebih sulit dibanding pelajaran yang lain, maka aktivitas mendengarkan dan menyimak keterangan guru di kelas harus ditingkatkan jika tak ingin ketinggalan. 

Materi dalam pelajaran matematika disampaikan dengan cara berurutan. Karenanya, jika kamu tidak paham pada satu bagian, kamu tidak akan paham bagian selanjutnya. 

Untuk itulah kamu harus benar-benar konsentrasi dalam menyimak dan mendengarkan keterangan serta penjelasan guru di depan kelas. Kalau kamu termasuk kesulitan dalam memahami matematika, pindahlah tempat duduk di bangku paling depan agar konsentrasimu semakin tinggi. 

Baca lanjutannya: Tips Sukses Belajar Matematika (Bagian 2)

Related

Tips 3940289531391816468

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item