Imut dan Lucu, Inilah 10 Jenis Anjing Terkecil di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Anjing adalah salah satu hewan yang dekat dengan manusia. Ada banyak orang yang memelihara anjing di rumah, sebagai teman maupun sebagai penjaga. Nyatanya, anjing adalah hewan yang setia.

Selama ini kita mungkin biasa menyaksikan anjing dalam ukuran “standar”, yaitu seperti umumnya anjing. Namun ternyata ada jenis-jenis anjing yang sangat kecil, karena memang tubuh mereka tidak bisa sebesar anjing yang biasa kita lihat. Di antara anjing-anjing yang memiliki tubuh sangat kecil, berikut ini sepuluh jenis anjing yang paling kecil.

Pug

Dengan ukuran berkisar antara 30,4 sampai 35,5 cm, anjing jenis Pug berada di urutan 10 jenis anjing terkecil di dunia. Dengan tubuhnya yang kecil tentu saja berpengaruh terhadap berat badannya. Pug diperkirakan memiliki berat badan berkisar 6,3 sampai 8 kg saja. Sudah kecil, ringan, lucu pula.

Pug memiliki sifat yang sensitif, lembut, ramah, periang, setia, dan sangat suka bermain. Bulu yang dimiliki Pug tipis dan halus sehingga mudah untuk dirawat. Fisiknya yang kecil dan wajahnya yang imut membuat Pug cocok bagi kalian yang menyukai hal yang berbau imut dan lucu. Satu hal yang harus diperhatikan oleh pemilik Pug yakni untuk rutin mengajaknya jalan. Semakin sering berjalan, kesehatan Pug akan selalu terjaga

Pomeranian

Pomeranian merupakan jenis anjing yang cukup populer di dunia. Anjing kecil ini memiliki ukuran tubuh yang berkisar antara 20,3 sampai 30,4 cm saja dan berat sekitar 1,3 sampai 3 kg. Usia rata-rata Pomeranian biasanya bisa mencapai 15 tahun, Pomeranian memiliki bentuk fisik yang mirip sekali dengan rubah. Dari warna, bentuk tubuh, sifat, ekor, kuping, dan juga bulu.

Wajahnya yang imut membuat siapapun pasti akan langsung tertarik padanya. Pom dikenal memiliki kecerdasan yang cukup tinggi, periang, dan mudah beradaptasi. Tapi jangan pernah kalian menganggap remeh Pomeranian hanya karena tubuhnya yang kecil. Dibalik tubuh kecil dan wajahnya yang lucu, ternyata Pom memiliki keberanian yang patut diacungi jempol.

Bichon Frise

Memiliki mata hitam dan memiliki bulu yang sangat halus, anjing jenis Bichon Frise memiliki bentuk fisik yang terbilang cukup kecil. Bichon Frise rata-rata dapat tumbuh hingga 27,9 cm dengan bobot berkisar antara 4,5 sampai 9 kg. Konon katanya, anjing jenis Bichon Frese merupakan keturunan dari anjing jenis Bolognese, Coton de Tulear, Maltese, dan Havanese.

Bichon Frise memiliki ciri-ciri leher yang melengkung, ekor berbulu, dan wajah yang bahagia. Anjing jenis ini tidak terlalu sulit untuk dilatih. Sifatnya yang bersahabat sangat cocok untuk menemani anak kecil.

Dachshunds

Bila berbicara tentang anjing kecil, tidak lengkap rasanya bila kita tidak memasukan anjing jenis Dachshunds. Anjing jenis ini hanya memiliki ukuran antara 20,3 sampai 27,9 cm dan bobot 7,2 sampai 14,5 kg. Biarpun memiliki tubuh yang kecil, Dachshunds memiliki naluri berburu yang tinggi dan juga lincah.

Ciri-ciri Dachshunds yaitu memiliki tubuh kecil namun panjang, kaki yang pendek, dan memiliki sifat pemberani. Dachshunds bisa menjadi sahabat yang baik bagi anak kecil loh. Yang justru diperhatikan oleh para orang tua adalah cara mengajarkan anak agar bisa memegang Dachshunds dengan benar.

Japanese Chin

Anjing berikutnya yang juga memiliki tubuh kecil adalah anjing jenis Japanese Chin. Anjing jenis ini mampu membawa aura gembira dalam keluarga. Japanese Chin adalah anjing kecil dengan kelincahan yang luar biasa, ia juga dikenal gemar bermain. Memiliki ukuran rata-rata 20,3 sampai 27,9 cm dan berat antara 1,8 sampai 3,1 kg.

Meski Japanese Chin cukup mudah untuk dipelihara, namun kalian harus rutin merawat bulunya yang seperti mantel. Setidaknya diperlukan 2 kali seminggu untuk perawatan bulu (grooming). Bagi kalian yang memiliki rumah kecil atau tinggal di apartemen, memelihara seekor Japanese Chin harusnya tidak menjadi masalah.

Baca lanjutannya: Imut dan Lucu, Inilah 10 Jenis Anjing Terkecil di Dunia (Bagian 2)

Related

Animals 6747471376335838908

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item