Ini 10 Cara Alami dan Aman untuk Mengusir Serangga yang Mengganggu (Bagian 1)


Naviri Magazine - Gangguan serangga bisa sangat menyebalkan. Entah di dalam rumah ataupun di luar rumah. Untuk mengusirnya, tidak sedikit dari kita yang memilih untuk menggunakan obat pembasmi serangga. Sayangnya, obat pembasmi bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan. 

Sebenarnya ada sejumlah cara yang lebih aman daripada menggunakan obat pembasmi serangga. Mari simak 10 cara alami berikut untuk mengusir gangguan serangga.

Minyak Mimba

Jika rumah kamu sering diganggung oleh serangga terutama nyamuk, jangan langsung memutuskan untuk menggunakan obat pembasmi serangga untuk mengusirnya. Masih ada bahan alami yang aman untuk kamu gunakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan minyak mimba.

Menurut sebuah jurnal yang berjudul The American Mosquito Control Association, disana menuliskan bahwa mencampurkan minyak mimba dengan minyak kelapa ternyata cukup aman dan bagus dalam mengusir nyamuk. 

Tidak hanya mampu mengusir nyamuk, minyak mimba juga ternyata bagus sebagai anti bakteri dan anti jamur. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak mimba di bagian tubuh yang paling sering dihinggapi nyamuk.

Daun Kemangi

Bagi kalian yang tidak tahu dengan daun kemangi, daun kemangi adalah bahan alami yang biasa digunakan di dapur sebagai salah satu bahan penyedap makanan. Meski lebih sering digunakan dalam bahan makanan, bahan alami satu ini ternyata juga cukup efektif dalam mengusir gangguan serangga yang menyebalkan.

Kita tahu bahwa serangga, khususnya nyamuk dapat mencium aroma tubuh manusia. Karena itulah para nyamuk dapat mendeteksi keberadaan manusia. Untuk mengacaukan penciuman nyamuk, tanamlah daun kemangi di pekarangan rumah. Aroma dari daun kemangi dijamin dapat mengusir segala gangguan nyamuk yang ada di dalam rumah.

Minyak Kelapa

Manfaat minyak kelapa sudah sangat dikenal oleh orang banyak untuk membantu perawatan kulit, menjaga kesehatan rambut, dan juga bisa dijadikan obat luka bakar. Perlu kalian sadari juga ternyata minyak kelapa memiliki kegunaan untuk mengusir gangguan nyamuk yang ada di dalam ruangan.

Variasi dari minyak kelapa ini juga bermacam-macam. Ada yang dijadikan sebagai obat semprot dan juga ada yang dalam bentuk obat oles. Kedua bentuk tersebut sama-sama efektif untuk mengusir nyamuk jauh-jauh dari manusia.

Daun Serai

Jika kamu ingin mencari bahan alami lain untuk dapat mengusir serangga, salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan adalah minyak serai. Minyak serai merupakan minyak asli yang dikeluarkan dari rumput serai. Keampuhan minyak ini dalam mengusir serangga di dalam rumah sudah banyak diakui oleh orang.

Semakin berkembangnya teknologi, kini ekstrak minyak serai sudah dapat ditemukan dalam bentuk lilin dan juga alat vaporasi. Dengan menyalakan lilin atau alat vaporasi, aroma dari ekstrak minyak serai yang keluar sangat efektif untuk mengusir bahkan membunuh serangga.

Bunga Lavender

Kecantikan bunga lavender tidak hanya bisa digunakan sebagai tanaman hias, tapi bunga lavender juga memiliki manfaat lain yakni untuk mengusir keberadaan serangga dalam rumah. Maka dari itu banyak sekali obat serangga yang mencantumkan bunga lavender dalam komposisinya dikarenakan keampuhan bunga ini untuk mengusir serangga. Tapi apa sebenarnya yang membuat bunga lavender efektif dalam mengusir serangga?

Keefektifan bunga lavender dalam mengusir serangga adalah dengan aroma bunganya yang khas. Sudah kita ketahui sebelumnya bahwa serangga memiliki daya penciuman yang tinggi dalam mencium aroma tubuh manusia, dengan menggunakan aroma dari bunga lavender, serangga apapun akan menjauhi ruangan tersebut. 

Hal ini dikarenakan karena serangga sangat membenci bau harum dari bunga lavender. Berbeda dengan manusia yang tidak terpengaruh sama sekali oleh aroma bunga lavender.

Baca lanjutannya: Ini 10 Cara Alami dan Aman untuk Mengusir Serangga yang Mengganggu (Bagian 2)

Related

Tips 4340938765564427996

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item