Ini 10 Fakta Menarik dan Menakjubkan Tentang Antimateri yang Perlu Kita Tahu (Bagian 1)


Naviri Magazine - Mungkin kamu pernah mendengar istilah antimateri. Entah di buku, di film, atau ketika membaca artikel di internet. Istilah antimateri juga sering muncul di fillm, seperti Angels and Demons, Star Trek, juga Marvel's Agents of Shields. 

Apa sih sebenarnya antimateri? Antimateri adalah lawan materi. Jika materi memiliki massa atau berat, antimateri tidak memiliki massa. 

Bagaimana antimateri bisa terbentuk? Menurut para peneliti, antimateri terjadi dari ledakan Big Bang yang merupakan awal terbentuknya alam semesta. Ada 10 fakta tentang antimateri yang sangat menarik untuk kita ketahui. Berikut uraiannya.

Harganya Sangat Mahal

Barang apa yang menurut kalian mahal? mobil, motor, berlian atau emas? Mungkin kalian menganggap bahwa barang yang sudah disebutkan di atas adalah barang yang mahal. Perlu kalian tahu bahwa antimateri itu memiliki nilai yang jauh lebih mahal dari benda-benda yang telah disebutkan di atas.

Jika kalian tahu berapa harga antimateri, pasti kalian akan terkejut. Antimateri ternyata memiliki nilai 65 triliun per gramnya. Ingat, per gram! Alasan kenapa antimateri bisa begitu mahal karena antimateri sangat sulit untuk dibuat. Perlu biaya yang sangat besar untuk bisa menghasil antimateri.

Bisa Menjadi Sumber Energi

Sudah dijelaskan bahwa dari Big Bang maka bisa terbentuk yang namanya antimateri. Tapi antimateri bukanlah satu-satunya materi yang tercipta dari Big Bang. Materi juga terbentuk dari proses yang sama.

Antimateri adalah kebalikan dari materi. Sebagai contohnya adalah, jika materi dilambangkan dengan angka 1, maka antimateri dilambangkan dengan -1. Bila kedua materi tersebut bertemu, akan terjadi sebuah ledakan energi yang sangat besar. Nah, energi besar inilah yang sampai sekarang sedang diusahakan untuk menjadi sumber tenaga.

Manusia Bisa Menciptakan Antimateri

Semakin kesini, kemajuan teknologi juga sangat terasa. Kemajuan teknologi yang pesat turut membantu manusia dalam melakukan aktivitas. Di atas sudah dijelaskan bahwa antimateri adalah materi yang sangat sulit untuk dibuat. Sangat sulit berbeda dengan mustahil. Jadi masih ada kesempatan untuk membuat antimateri.

Saat ini para ilmuwan sudah berhasil menciptakan antimateri. Atau mungkin lebih tepat bila disebut dengan mengumpulkan sedikit antimateri. Antimateri tersebut dikumpulkan melalui percobaan yang dilakukan di laboratorium. Sayangnya antimateri yang dihasilkan sangatlah sedikit. Selain jumlahnya yang sangat sedikit, antimateri juga tidak bisa bertahan lama, kira-kira hanya sanggup bertahan selama 16 menit.

Tempat Penyimpanan Khusus

Ok, kita sudah tahu bahwa para ilmuwan telah melakukan segala upaya untuk membuat atau mengumpulkan antimateri. Antimateri adalah suatu materi khusus yang sangat sulit untuk dibuat dan juga dikumpulkan. Jika sudah berhasil dibuat atau dikumpulkan, dimanakan para ilmuwan menyimpannya?

Penning Trap, itulah nama alat yang digunakan oleh para ilmuwan untuk menyimpan antimateri. Penning Tap adalah akselerator kecil yang dibuat khusus untuk menyimpan antimateri. 

Alat ini membuat antimateri tetap berada di tengah dan tidak bergerak kesana kemari. Terima kasih atas medan magnet dan listrik yang membuat antimateri tetap berputar-putar di dalam penning trap.

Jumlah Antimateri Sama dengan Materi

Antimateri adalah materi yang tidak memiliki massa, sedangkan materi adalah materi yang memiliki massa. Keduanya sama-sama terbentuk dari ledakan Big Bang yang terjadi di alam semesta. Ketika terjadi Big Bang, secara otomatis terciptalah yang namanya antimateri dan materi. Kedua materi tersebut tercipta dalam jumlah yang sama.

Menurut para peneliti, jika antimateri bertemu dengan materi, maka mereka akan saling menghancurkan. Mereka tidak akan menyisakan apa-apa kecuali energi. Lalu kenapa materi yang lebih sering kita temui? Para peneliti pun mengalami kesulitan dalam menjelaskan hal ini. 

Tapi menurut mereka, ada 1 kelebihan materi di setiap 1 miliar antimateri. Hal tersebut membuat materi unggul tipis dari antimateri. Jadi, itulah yang menjelaskan kenapa materi lebih banyak daripada antimateri.

Baca lanjutannya: Ini 10 Fakta Menarik dan Menakjubkan Tentang Antimateri yang Perlu Kita Tahu (Bagian 2)

Related

Science 7233692191090133329

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item