Ini 10 Hal yang Sering Kita Dengar, Tapi Mungkin Tidak Tahu Artinya (Bagian 1)


Naviri Magazine - Dari kecil kita diajar banyak hal oleh orang tua, guru, dan lingkungan. Dari yang kita pelajari itu, banyak hal yang akhirnya kita mengerti. Tapi ada juga sejumlah hal atau benda yang penjelasannya tidak begitu jelas. Jadinya kita hanya tahu itu apa, tapi tidak tahu bagaimana dan kenapa hal tersebut terjadi. 

Berikut ini adalah hal-hal yang sering kita lihat, dengar, ucapkan, dan bahkan lakukan, tapi mungkin tidak kita ketahui apa arti sebenarnya.

Cinta dan Perasaan

Kita merupakan makhluk hidup paling sempurna yang pernah diciptakan. Tidak seperti hewan yang hanya memiliki naluri untuk bertahan hidup, manusia memiliki kelebihan karena kita diberikan akal budi, cinta dan perasaan. Hal tersebut itulah yang membuat kita menjadi spesial. 

Tapi apakah sebenarnya cinta dan perasaan tersebut? Kenapa kita bisa merasakan cinta? Atau kenapa kita bisa menangis saat sedih?

Cinta, kesedihan, amarah, bahagia, hal itu semua merupakan bagian dari apa yang dinamakan dengan perasaan. Perasaan yang dimiliki manusia ini memiliki hubungan yang erat dengan kata emosi. 

Tidak ada ilmu pengetahuan yang dapat dengan jelas menjelaskan bagaimana cara kerja dari perasaan manusia. Satu hal yang pasti adalah bahwa perasaan manusia dapat berubah suatu waktu bila ada suatu aksi yang dapat menyentuh perasaan.

Kalori

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet pasti sudah tidak asing lagi dengan kata kalori. Tapi apa sih sebenarnya kalori? Kalori adalah satuan yang digunakan untuk mengukur energi. Energi dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti jalan, makan, bersepeda, nonton, bahkan tidur. 

Kalori yang dibutuhkan setiap orang tentunya berbeda-beda tergantung dari kebutuhan fisik dan aktivitas yang dilakukan. Semakin berat atau padat aktivitas yang dilakukan, maka orang tersebut membutuhkan asupan kalori yang lebih banyak. Biasanya kalori tersebut dapat diperoleh dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Terlalu banyak menimbun kalori dapat berujung dengan kenaikan berat badan. Bila aktivitas yang kita lakukan tidak terlalu banyak sedangkan kalori yang kita konsumsi besar, maka akan terjadi penumpukan kalori di dalam tubuh. Penempukan secara terus menerus dapat berujung dengan naiknya berat badan.

Mimpi

Mimpi adalah rangkaian dari gambaran, ide, emosi, dan sensasi yang terjadi tanpa sadar ketika kita sedang tidur. Walaupun sudah menjadi topik pembicaraan sejak lama namun masih belum ada yang bisa memecahkan isi dan tujuan dari mimpi.

Mimpi terjadi ketika seseorang memasuki alam tidur yang disebut dengan istilah REM (Rapid Eye Movement). Kita biasanya tidak bisa mengontrol kapan terjadinya mimpi dan seperti apa mimpi yang kita inginkan. 

Namun saat ini ada istilah yang dinamakan Lucid Dream, dimana dalam keadaan tidur, orang tersebut sadar bahwa ia sedang bermimpi dan di dalam mimpi tersebut dirinya bisa mengatur mimpinya sesuka dirinya..

Kehidupan

Kehidupan adalah suatu perjalanan makhluk hidup di bumi dari awal mula terbentuk sampai ajal menjemput. Selama perjalanan hidup itu, manusia akan mengalami masa-masa bayi, kemudian perlahan tumbuh dan berkembang menjadi dewasa. Selama perjalanan hidup tersebut, kita akan mengalami banyak cobaan untuk menguji apakah kita sanggup hidup di dunia yang keras ini.

Selama menjalani kehidupan demi menjadi orang dewasa, kita akan diberikan banyak pilihan hidup. Setiap pilihan yang kita pilih tersebut masing-masing memiliki efek positif dan juga negatif. Yang terpenting adalah bagaimana cara kita mengisi kehidupan kita dengan hal-hal yang berguna.

Ketombe

Di televisi tentunya ktia sering melihat adanya iklan shampo yang mengatakan mampu menghilangkan ketombe. Mungkin banyak dari kalian yang masih belum mengetahui apa itu ketombe. Ketombe sebenarnya adalah kulit mati yang mengelupas di kepala.

Sebenarnya pengelupasan kulit kepala ini adalah suatu hal yang wajar apabila terjadi tidak terlalu sering. Namun ada sejumlah orang yang mengalami pengelupasan kulit di kepala secara terus menerus ditambah dengan rasa iritasi di kulit kepala. 

Biasanya ketombe ini terjadi karena penggunaan shampoo yang tidak cocok dengan kulit kepala, penggunaan gel atau minyak rambut berlebihan, stres, cuaca panas, dan jamur.

Baca lanjutannya: Ini 10 Hal yang Sering Kita Dengar, Tapi Mungkin Tidak Tahu Artinya (Bagian 2)

Related

Science 2095670722751258369

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item