Ini 10 Makanan Indonesia yang Terkenal di Kalangan Turis Mancanegara (Bagian 2)

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya ( Ini 10 Makanan Indonesia yang Terkenal di Kalangan Turis Mancanegara - Bagi...


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Makanan Indonesia yang Terkenal di Kalangan Turis Mancanegara - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Soto

Soto merupakan makanan berkuah yang biasa disajikan dengan kaldu ayam gurih yang telah diberi kunyit. Kunyit inilah yang mengakibatkan kuah soto berwarna kuning. Untuk semakin menambah kenikmatan soto, ditambahkan lagi daging ayam yang sudah dipotong-potong, telur rebus, nasi dan bawang merah. 

Meski lebih nikmat apabila dikonsumsi bersama dengan nasi, ada pula orang yang lebih memilih mengkonsumsi soto dengan bihun. Daging yang digunakan juga tidak terbatas dengan daging ayam saja. Kalian juga bisa menggantinya dengan daging sapi atau kambing.

Soto terkenal memiliki rasa yang manis dan kental. Bagi kalian yang ingin mencoba berbagai variasi dari soto, kalian bisa mencobanya dengan berkeliling ke beberapa daerah di luar Jakarta karena disana biasanya memiliki gaya soto yang berbeda. Contohnya seperti soto Kudus di Jawa Tengah, coto Makassar di Sulawei, dan masih banyak lagi lainnya.

Nasi Goreng

Tidak hanya populer di Indonesia, nasi goreng juga cukup populer di wilayah Asia Tenggara. Asal usul mengenai makanan ini juga masih simpang siur. Ada yang mengatakan bahwa nasi goreng berasal dari Indonesia dan ada pula yang mengtakan bahwa nasi goreng merupakan makanan asli dari Cina. Namun satu hal yang pasti adalah nasi goreng di tiap negara memiliki keunikan yang berbeda, begitupula dengan Indonesia.

Sesuai dengan namanya, cara membuat nasi goreng adalah dengan menggoreng nasi putih yang telah diberi bumbu tambahan seperti kecap manis, garam, merica, saus tiram, dan ditambah dengan telur dadar. Sebagai pelengkap, ada juga beberapa orang yang menambahkan acar dan kerupuk pada nasi goreng.

Rendang

Makanan ini adalah makanan khas Padang. Meski lezat, ternyata membuat rendang tidaklah mudah. Butuh waktu dan juga banyak latihan untuk bisa mengolah rendang menjadi makanan yang lezat. Karena berasal dari Padang yang terkenal akan makanannya yang pedas, rendang ini juga memiliki rasa pedas yang cukup nendang di mulut.

Bahan utama untuk membuat rendang adalah dading sapi. Rendang yang nikmat adalah rendang yang mudah untuk dikunyah. Tidak hanya harus empuk, daging sapi juga harus ditambah dengan rasa pedas barulah bisa disebut sebagai rendang. Apabila ada perayaan yang penting, daging rendang biasanya akan disimpan sampai kering. Daging rendang yang telah kering katanya akan jauh terasa lebih enak.

Sate

Rasanya kurang lengkap apabila dalam daftar ini tidak memasukan nama sate. Sate adalah salah satu makanan khas Indonesia yang dimasak dengan cara menusukan lidi pada daging kemudian dibakar dengan menggunakan arang. Daging yang digunakan untuk sate biasanya bermacam-macam. Ada yang menggunakan daging ayam, kambing, kelinci, bahkan domba.

Di Indonesia, sate merupakan makanan tradisional yang sudah terkenal sejak lama. Pada mulanya, sate diperkenalkan pada Indonesia oleh para pedagang dari Arab. Sate bisa dikonsumsi langsung setelah dibakar. Namun sebagain orang ada yang berpendapat bahwa sate akan terasa lebih lezat apabila dimakan bersamaan dengan nasi atau ketupat.

Sambal Terasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Indonesia terkenal akan makanannya yang pedas. Dan salah satu makanan pedasnya yang terkenal adalah sambal terasi. Sambal terasi ini bisa dijadikan pelengkap di setiap makanan. Saking nikmatnya sambal terasi membuat banyak orang yang beranggapan bahwa makan tidaklah lengkap apabila tidak ada sambal terasi.

Karena dikenal dengan makanan pedas, banyak restoran yang adu balap menampilkan sambal terbaik. Biasanya orang makan sambal terasi bersamaan dengan makanan lain seperti lalapan, tempe goreng, ayam goreng, dan juga ikan goreng. 

Masing-masing orang atau restoran biasanya memiliki standar tersendiri untuk menciptakan sambal terasi. Banyaknya pilihan tersebut tentunya membuat kita menjadi tambah penasaran untuk mencoba sambal terasi.

Related

Indonesia 6739725238136350231

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item