Ini 10 Tempat Terbaik untuk Diving dan Snorkeling di Indonesia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Tidak hanya di darat, di laut juga terdapat keindahan yang tidak kalah cantik. Indonesia yang terkenal dengan kehidupan lautnya yang beragam dan indah, menjadi tempat yang sempurna untuk melakukan olahraga diving dan snorkeling. 

Berikut ini 10 tempat diving dan snorkeling terbaik di Indonesia. Kalian yang ingin melihat indahnya kehidupan laut, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, cukup kunjungi salah satu dari 10 tempat berikut ini.

Tulamben, Bali

Bali menjadi salah satu pulau di Indonesia yang menjadi pusat daya tarik wisatawan mancanegara. Selain terkenal akan pantai Kutanya yang indah, ternyata di Bali juga terdapat tempat dimana kita bisa menikmati keindahan alam lautnya yang sangat cantik yakni Tulamben.

Tulamben adalah sebuah desa kecil yang berada di sebelah utara-timur pantai Bali. Tempat ini telah dikenal sebagai salah satu tempat diving dan snorkeling terbaik di Indonesia sejak tenggelamnya kapal perang milik Amerika pada tahun 1942. Kapal perang tersebut tenggelam diakibatkan serangan torpedo yang dilepaskan oleh Jepang.

Kepulauan Banda, Maluku

Berlokasi di Kepulauan Banda, Maluku adalah salah satu tempat diving sekaligus snorkeling terbaik yang ada di Indonesia. Kepulauan Banda sendiri masih termasuk ke dalam 10 kepulauan kecil dengan pegunungan berapi yang masih aktif di laut Banda. Meskipun begitu, tetap saja tidak menghalangi para pecinta laut untuk menyelam melihat indahnya kehidupan laut di Maluku.

Kepulauan Banda merupakan harta karun tersembunyi milik Indonesia dengan sejumlah kekayaan laut yang beraneka ragam. Disini kalian bisa melihat indahnya batu koral, ikan, dan penghuni laut lainnya. Menyelam di Kepulauan Banda bisa membawa kalian menuju surga bawah laut yang tidak akan bisa dilupakan.

Pulau Karimunjawa, Kepulauan Seribu

Kepulau Seribu adalah objek wisata terkenal di Indonesia selain Bali. Dari sekian banyak pulau kecil yang ada disana, salah satu pulau yang mengundang minat para wisatawan adalah pulau Karimunjawa. 

Karimunjawa adalah salah satu dari sekian banyak pulau kecil di Kepulauan Seribu dimana dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk melakukan diving dan snorkeling khususnya di Indonesia. 

Dengan populasi warga sekitar 10.000 orang, warga di Karimunjawa sebagian besar hidup dari kekayaan laut yang ada di Karimunjawa. Batuan karang dan berbagai macam ikan dengan warna indah sudah menjadi atraksi utama yang diincar oleh para wisatawan.

Pulau Weh, Sumatra

Sedkit berpindah dari Kepulauan Seribu menuju Sumatra. Disinilah kalian bisa menemukan tempat indah untuk melakukan diving dan juga snorkeling. Pulau Weh atau yang lebih dikenal oleh penduduk Indonesia dengan nama Sabang adalah pulau vulkanik kecil yang berada di barat laut pulau Sumatra.

Dengan menggunakan kapal feri, dari Banda Aceh menuju pulau Weh hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Lamanya perjalanan menuju pulau Weh tidaklah sebanding dengan keindahan alam laut yang tersaji di pulau Weh. 

Pulau Weh adalah ekosistem laut yang sangat kaya. Karena terkenal akan kehidupan lautnya, pemerintah Indonesia sangat melindungi kelestarian yang ada di pulau Weh. Beberapa spesies batu koral langka bisa ditemukan di pulau ini.

Menjangan, Bali

Meski tidak memiliki luas yang besar, namun pulau Menjangan tetap bisa menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan baik itu lokal maupun luar. Apalagi kalau bukan karena keindahan lautnya yang dipenuhi dengan berbagai macam ikan dan juga terumbu karang yang cantik.

Pulau Menjangan dapat dikunjungi jika kalian pergi ke Bali. Hanya berjarak beberapa kilometer dari pantai utara Bali, maka kalian bisa melihat sendiri keindahan yang ada di Menjangan. 

Pulau Menjangan sendiri masih merupakan bagian dari West Bali National Park. Air laut yang bersih, jernih, dan kaya akan makhluk hidup laut menjadi atraksi yang pasti akan bisa kalian temukan.

Baca lanjutannya: Ini 10 Tempat Terbaik untuk Diving dan Snorkeling di Indonesia (Bagian 2)

Related

Traveling 2760206419145356829

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item