Ini 5 Jenis Makanan dengan Kandungan Serat Tinggi yang Baik untuk Kesehatan

Naviri Magazine - Makanan yang mengandung serat tinggi memiliki fungsi sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Di antara manfaat...


Naviri Magazine - Makanan yang mengandung serat tinggi memiliki fungsi sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Di antara manfaat makanan berserat adalah untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat, membantu menurunkan berat badan, menjaga berat tubuh tetap ideal, mencegah penyakit jantung, diabetes, serta kanker usus. 

Tubuh kita membutuhkan serat yang cukup, sekitar 25-40 gram per hari. Jenis makanan yang mengandung serat umumnya didominasi oleh buah dan sayuran. Berikut ini beberapa makanan yang mengandung serat tinggi, yang perlu kita kenali.

Alpukat

Alpukat memiliki kandungan serat cukup tinggi untuk kebutuhan tubuh kita. Dalam setiap setengah potong buah alpukat terkandung 6 gram serat. Karenanya, buah alpukat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, demi mencukupi kebutuhan serat yang diperlukan oleh tubuh.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, khususnya kacang walnut dan kacang almond, merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan serat cukup tinggi untuk kebutuhan serat dalam tubuh kita.

Gandum    

Berbagai makanan yang berbahan dasar gandum, seperti tepung gandum serta roti gandum, memiliki kandungan serat cukup tinggi untuk kebutuhan serat yang diperlukan oleh tubuh kita setiap hari.

Buah dan sayuran

Buahan-buahan seperti pisang, jeruk, apel, dan lainnya, merupakan sumber makanan yang memiliki kandungan serat tinggi untuk kebutuhan tubuh kita setiap hari. Begitu pula sayur-sayuran seperti kol, bayam, kentang, serta labu, juga memiliki kandungan serat cukup tinggi untuk kebutuhan serat yang diperlukan oleh tubuh kita.

Related

Health 6093911014349024191

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item