Inilah 10 Alat Musik Paling Aneh yang Pernah Dibuat di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Alat musik adalah instrumen yang dibuat untuk menghasilkan nada atau musik. Biasanya, alat apapun yang bisa menghasilkan dan dapat diatur nadanya dapat dikategorikan sebagai alat musik. 

Dari sekian banyak alat musik di dunia, ada sejumlah alat musik yang memiliki bentuk sangat aneh, tapi tetap bisa digunakan untuk mengeluarkan nada. Inilah 10 alat musik paling aneh yang pernah dibuat di dunia.

Sea organ

Anda menyukai laut dan alat musik? Jika iya, maka tempat ini akan menjadi tempat yang wajib untuk Anda kunjungi. Dibuat di tepi laut Adriatic di Kroasia, adalah salah satu alat musik teraneh yang pernah dibuat, Sea Organ atau orgen laut. 

Orgen laut adalah sebuah alat musik yang mengeluarkan suara bersumber dari suara angin dan gelombang laut. Suara yang dihasilkan oleh alat musik ini tidak akan pernah berhenti sampai kapanpun. Dibuat oleh Nikola Basic di thaun 2005, instrumen musik ini menjadi alat musik orgen pertama yang ditenagai oleh air laut.

Stalacpipe Organ

Berlokasi di Luray Caverns, Virginia, instrumen ini dikenal juga sebagai Lithophone atau instrumen yang terbuat dari bebatuan. Orang yang pertama kali menemukan alat musik ini adalah Leland W. Sprinkle.

Orgen Stalacpipe berfungsi dengan mengetuk dinding Stalaktite dengan menggunakan palu yang terbuat dari karet. Yang kemudian semuanya dihubungkan dengan sebuah alat sehingga menyerupai orgen tradisional. Pembuatan orgen ini terinspirasi dari anaknya yang membenturkan kepalanya ke dinding Stalaktite. 

Pyrophone Organ

Dalam bahasa Indonesia, Pyrophone berarti suara api, adalah salah satu alat musik teraneh yang pernah dibuat di dunia. Alat musik ini merupakan instrumen musik yang menggunakan beberapa pipa layaknya orgen atau calliop. 

Yang menjadikannya berbeda dengan orgen lain adalah suara yang dihasilkan alat musik ini berasar dari ledakan yang dikeluarkan dari pipa menggunakan bensin.

Meskipun alat musik ini menggunakan bensin dan ledakan untuk menghasilkan suara, tapi bisa dipastikan bahwa alat musik ini aman untuk dimainkan. Meski sudah dipastikan aman, tapi ada beberapa orang yang lebih memilih tetap menjaga jarak demi keselamatan.

Hyperbass Flute

Ukurannya yang besar membuatnya menjadi salah satu bagian dari suling terbesar di dunia. Jadi alat musik ini sudah memiliki 2 gelar yakni salah satu suling terbesar dan salah satu alat musik teraneh yang pernah dibuat. 

Dianggap sebagai salah satu suling terpanjang di dunia, Hyperbass flute ini memiliki pipa dengan panjang 15 meter. Berdasarkan laporan yang ada, suling ini masih dalam tahap perbaikan. Suara yang dihasilkan masih disesuaikan untuk bisa menjadi alat musik yang sempurna. Biarpun begitu, alat musik ini tetap saja dianggap aneh.

Bubble Organ

Adalagi alat musik yang masuk ke dalam daftar alat musik teraneh yang pernah dibuat, orgen gelembung. Dari namanya saja kita pasti membayangkan seperti apa bentuk alat musik yang dimaksud dan bagaimana cara memainkannya. 

Adalah ide dari Aaron Wendel yang menciptakan alat musik aneh ini. Aaron menciptakan sebuah orgen dengan menggunakan pipa air tua, PVC, seperangkat furniture, dan bahkan penjepit pakaian. 

Untuk dapat mengeluarkan suara, Aaron menggunakan 2 buah balon yang sudah terisi udara. Dengan menekan tuts yang terdapat pada orgen akan menciptakan resonansi nada dalam pipa PVC yang telah tergabung dengan suara geleumbung air.

Baca lanjutannya: Inilah 10 Alat Musik Paling Aneh yang Pernah Dibuat di Dunia (Bagian 2)

Related

Science 3417446345733270438

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item