Inilah 10 Jembatan yang Terkenal Paling Berbahaya di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Jembatan adalah sarana yang dibangun untuk menghubungkan dua tempat. Biasanya, dua tempat itu dipisahkan sungai atau jurang. Agar orang bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya—dengan melewati jurang atau sungai yang memisahkan keduanya—maka dibangunlah jembatan.

Umumnya, jembatan dibangun dengan konstruksi yang kuat dan tangguh untuk menopang orang-orang lewat di atasnya. Tapi ternyata tidak semua jembatan pasti sekuat itu. Ada pula jembatan-jembatan yang dibuat ala kadarnya, yang penting bisa dilewati, meski juga berbahaya. Seperti sepuluh jembatan terkenal berikut ini.

Carrick A Rede Rope Bridge, Irlandia Utara

Jika kalian ingin merasakan bagaiman rasanya jantung berdebar hebat, cobalah kalian pergi ke kota Antrim yang berada di Irlandia Utara. Di sana, kalian akan menemukan sebuah jembatan indah namun berbahaya bernama Carrick a rede rope bridge. Jika kalian masih bisa berjalan tenang di jembatan tersebut, berarti kalian memang pemberani.

Carrick a rede rope bridge adalah sebuah jembatan sepanjang 21 meter yang ada di kota Antrim. Jembatan tersebut dibuat di atas ketinggian 30 meter. Meski sudah dibuatkan tali untuk berpegangan, jembatan Carrick a rede rope bridge masih tetap bergoyang hebat. Dan hal tersebut jelas bukan hal yang menyenangkan.

The Monkey Bridge, Vietnam

Di Asia, terutama di Vietnam, ada sebuah jembatan yang melihatnya saja sudah bisa membuat kaki gemetar dan keringat dingin. Jembatan tersebut dinamakan Monkey bridge. Alasan kenapa dinamakan Monkey bridge adalah dikarenakan kalian harus berjalan di jembatan tersebut layaknya monyet.

Monkey bridge dapat kalian temukan di delta Sungai Mekong. Bagi kalian yang memiliki acrophobia atau takut akan ketinggian, jembatan ini sama sekali tidak tinggi, tapi resiko jatuh ke sungai sangatlah tinggi. Jembatan ini hanya dibuat dari 1 buah batang bambu yang panjang, ditambah dengan batang bambu di atasnya sebagai pegangan.

Puente de Ojuela, Meksiko

Di kota Torreon, sebelah Utara Meksiko, terdapat sebuah tambang yang sudah lama menjadi kota hantu alias tidak berpenghuni. Tambang tersebut bernama Ojuela. Mengunjungi Ojuela bukanlah satu-satunya uji nyali yang dapat kalian lakukan. Ada uji nyali lain yakni menyeberangi sebuah jembatan yang dinamakan Puente de Ojuela.

Puente de Ojuela memiliki panjang 317 meter dengan lebarnya tidak mencapai 1 meter. Masih kurang mengerikan? Jembatan Puente de Ojuela dibangun di ketinggian 109 meter di atas permukaan laut. Jembatan Puente de Ojuela dibuat dari kayu dan digantung menggunakan kabel suspensi dengan bantuan 2 menara.

Quepos Bridge, Kosta Rika

Cobalah kalian cari Quepos bridge di Google dan apa yang kalian temukan? The bridge of death, itulah nama julukan yang akan kalian temui. Quepos bridge atau Bridge of death adalah jembatan berbahaya yang ada di negara Kosta Rika. Meski terlihat berbahaya, jembatan Quepos masih digunakan sampai sekarang.

Quepos bridge adalah jembatan penghubung antara Jaco dengan Quepos yang ada di Pantai Pasifik Tengah. Jika kalian lihat sekilas, nampak jembatan ini tidak layak untuk dilewati. Jangankan oleh mobil, sepeda pun nampaknya sangat diragukan bisa melewatinya. Ajaibnya, jembatan ini ternyata masih bisa dilalui oleh truk.

Canopy Walk, Ghana

Salah satu jembatan paling berbahaya di dunia terdapat di benua Afrika, tepatnya di dalam hutan Kakum National Park, Ghana. Kakum National Park adalah hutan hujan yang dilindungi oleh pemerintah kota Ghana. Hutan tersebut menjadi tempat tinggal dari beberapa hewan yang terancam punah seperti gajah, antilop, dan monyet.

Kakum National Park sendiri tidak pernah sepi dari pengunjung. Jembatan Canopy adalah jembatan yang cukup sering dilalui oleh turis. Jembatan sepanjang 23 meter ini hanya ditopang oleh batu yang ada di kedua belah sisi. Kayu yang digunakan sebagai jembatan juga sudah mulai rusak karena termakan usia.

Baca lanjutannya: Inilah 10 Jembatan yang Terkenal Paling Berbahaya di Dunia (Bagian 2)

Related

International 8757201870995461175

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item