Inilah 10 Negara dengan Kekuatan Militer Paling Hebat di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Salah satu unsur penting dalam setiap negara adalah kekuatan militer. Karena kekuatan militer itulah yang menjaga kedaulatan bangsa dan mengamankan negara ketika menghadapi kemungkinan perang.

Dunia masa kini adalah dunia yang aman, dalam arti tidak ada lagi penjajahan seperti di zaman dulu. Namun bukan berarti setiap negara bisa tenang-tenang saja dan tidak mempersiapkan antisipasi. Berbagai kemungkinan bisa saja muncul, termasuk kemungkinan perang, apa pun alasan dan latar belakangnya.

Karena hal itu, negara-negara di dunia menyiapkan militer yang kuat, sehingga diharapkan mampu menjaga keamanan rakyat dan negara. Dalam hal itu, sepuluh negara berikut ini terkenal sebagai negara-negara yang memiliki kekuatan militer terhebat.

Italia

Jangan mengira bahwa Italia hanya terkenal karena tim sepakbolanya saja tapi juga karena kekuatan militernya. Kekuatan militer Italia patut diperhitungkan karena selama beberapa dekade ini, kekuatan militer Italia telah mengalami peningkatan yang signifikan. 

Kekuatan militer milik Italia berkembang, terima kasih pada Somalia dan Yugoslavia yang telah membantu dalam melatih pasukannya. Total pesawat terbang yang dimiliki Italia mencapai 770 buah. Sedangkan angkatan lautnya mencapai 179 buah kapal. Tidak ada yang berani macam-macam dengan Italia.

Jerman

Kekuatan militer milik Jerman memiliki perkembangan yang sangat pesat, sama pesatnya dengan pertumbuhan ekonomi di Jerman. Belum lama ini Jerman telah memberikan bantuan militer terhadap salah satu negara di Eropa Timur yang menjadi anggota NATO. Setiap tahun, Jerman menghabiskan uang sebanyak 45 miliar dolar hanya untuk meningkatkan kekuatan militernya.

Setelah ikut serta dalam Perang Dunia II, Jerman menjadi negara yang anti terhadap perang. Sekarang ini Jerman hanya memiliki 183.000 personil  garis depan yang masih aktif. Ditambah dengan 145.000 pasukan cadangan.

Turki

Sekitar 3 atau 4 tahun belakangan ini, Turki mengalami sejumlah peningkatan, terutama kekuatan militernya. Pemerintah Turki telah menaikkan budget untuk kekuatan militernya sekitar 9,4%. Ada alasan dibalik meningkatnya jumlah dana yang digelontorkan untuk meningkatkan kekuatan militer Turki. Konflik dengan Syria dan Kurdish adalah penyebabnya.

Tergabung dengan NATO, pasukan militer Turiki turut ambil bagian dalam sejumlah operasi di Afghanistan. Tentara Turki juga termasuk dalam operasi pembawa damai yang beroperasi di Balkans. Tidak lupa juga menyebutkan bahwa Turki ambil bagian dalam kekuatan militer yang ada di Cyprus.

Jepang

Tidak diragukan lagi bahwa Jepang adalah salah satu negara tujuan wisata. Jangan heran jika tiap musimnya, Jepang selalu kebanjiran turis mancanegara. Banyak orang yang tidak sadar juga bahwa selain terkenal akan pariwisatanya, Jepang juga memiliki kekuatan militer yang menakutkan.

Jangan menganggap remeh militer Jepang. Saat ini, Jepang memiliki tentara sebanyak 247.000 personil. Belum lagi ada tambahan 57.900 pasukan yang siap dipanggil bila dibutuhkan. Pesawat tempurnya saja ada sebanyak 1.595 buah dan armada lautnya ada sebanyak 131 kapal. Kekuatan militer Jepang sebenarnya masih bisa ditingkatkan apabila negeri Sakura tersebut tidak terikat dengan perjanjian damai.

Inggris

Inggris sempat membuat heboh dunia karena memutuskan keluar dari Eropa. Meski banyak orang menganggap keputusan Inggris tersebut adalah sebuah kesalahan, mungkin banyak negara lain yang menyesal terkait keluarnya Inggris dari Uni Eropa. Apalagi mengingat kekuatan militer yang dimiliki Inggris saat ini sedang bagus-bagusnya.

Inggris telah membuat rencana untuk mengurangi kekuatan militernya pada tahun 2010 dan 2018. Dengan dikuranginya kekuatan militer milik Inggris, setidaknya budget bisa lebih dihemat dan tetap stabil di angka 54 miliar dolar. 

Lagi-lagi pasti orang berpikir bahwa dikuranginya kekuatan militer Inggris justru akan melemahkan Inggris, itu adalah salah. Meski mengalami pengurangan, Inggris tetap bisa meng-cover segala projeknya yang ada di dalam maupun luar negeri.

Baca lanjutannya: Inilah 10 Negara dengan Kekuatan Militer Paling Hebat di Dunia (Bagian 2)

Related

International 7619415080489941622

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item