Inilah 10 Negara Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk (Bagian 1)


Naviri Magazine - Batu bara adalah salah satu bahan bakar fosil yang berharga. Terbentuk dari endapan organik, batu bara sangat mudah terbakar. Biasanya batu bara terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan. 

Indonesia adalah salah satu negara penghasil batu bara terbesar di dunia. Selain Indonesia, ada 9 negara lain yang juga berstatus sebagai produsen batu bara terbesar di dunia. Negara mana saja? Simak daftarnya di bawah ini.

Kazakhstan

Kazakhstan merupakan salah satu negara besar di Asia yang dulunya tergabung dalam Uni Soviet. Negara dengan ibukota Astana ini masuk dalam daftar negara penghasil batu bara terbesar di dunia. Kazakhstan mampu menghasilkan batu bara dengan total 116,6 MT (metrik ton) per tahun.

Total 116,6 juta ton batu bara tersebut baru 85% dari total penghasilan batu bara di Kazakhstan. Ada 3 provinsi di Kazakhstan yang menjadi penghasil utama batu bara. Mereka adalah Karaganda, Pavlodar, dan Kostanay.

Polandia

Sebagai salah satu negara penghasil batu bara di dunia, Polandia berhasil memproduksi batu bara sebanyak 144,1 BT (billion ton) batu bara pada tahun 2012. Dengan perbedaan angka yang begitu jauh dengan Kazakhstan, Polandia dianggap sebagai salah satu negara penghasil batu bara terbesar di dunia.

Di wilayah Eropa, Polandia bisa terbilang cukup sulit untuk dikalahkan. Hanya Jermanlah satu-satunya negara di Eropa yang sanggup mengalahkan Polandia. Sebesar 85% tenaga listrik di Polandia bergantung pada ketersediaan batu bara. 

Sebagai catatan, pembangkit listrik tenaga batu bara terbesar ada di Polandia. Dikelola langsung oleh perusahaan batu bara terbesar di Polandia yakni Kompania Weglowa.

Jerman

Tadi sudah disebutkan bahwa Polandia adalah salah satu negara penghasil batu bara di dunia dan juga di Eropa. Di Eropa, Polandia menduduki sebagai peringkat 2, peringkat 1 negara penghasil batu bara terbesar di Eropa adalah Jerman ini. Jerman menghasilkan batu bara sebanyak 196,2 metrik ton.

Jerman menghasilkan batu bara kualitas tinggi terbesar setelah Afrika Selatan dan Rusia. Sayangnya, produksi batu bara yang besar tidak diimbangi dengan konsumsinya. Jerman termasuk negara yang sangat boros dalam mengkonsumsi batu bara. Karenanya, Jerman membutuhkan import batu bara dari negara lain.

Afrika Selatan

Berapa banyak batu bara yang dihasilkan oleh Afrika Selatan? Total sebanyak 280 metrik ton batu bara dihasilkan per tahun. Dengan diberi kelimpahan batu bara, Afrika Selatan juga memiliki peran sebagai negara pengekspor.

Di tiap tahunnya, Afrika Selatan tercatat mengekspor batu bara sebanyak 74 metrik ton. Afrika Selatan kebanyakan mengekspor batu baranya ke negara seperti India, Cina, dan Eropa. 

Di Afrika Selatan, batu bara memiliki peran sebanyak 90% untuk tenaga listrik di negara tersebut. Witbank, Highveld, dan Ermelo adalah negara bagian di Afrika Selatan yang menjadi pusat produksi dan tambang batu bara.

Rusia

Dengan total produksi yang mencapai angka 354,8 metrik ton, Rusia tidak diragukan lagi masuk ke dalam daftar negara penghasil batu bara terbesar di dunia. Sama halnya dengan Afrika Selatan, Rusia juga merupakan salah satu eksportir terbesar batu bara di dunia. Sekitar 134 billion ton batu bara telah diekspor oleh Rusia.

Berperan sebagai negara eksportir batu bara, ternyata Rusia juga terbilang cukup konsumtif dalam penggunaan batu bara. Sebesar 66% total produksi batu bara di dunia, semuanya berasal dari tambang batu bara yang ada di Rusia.

Baca lanjutannya: Inilah 10 Negara Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk (Bagian 2)

Related

Business 7114259678956730136

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item