Kisah 10 Ilmuwan yang Meninggal atau Cedera Akibat Penelitiannya (Bagian 2)

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya ( Kisah 10 Ilmuwan yang Meninggal atau Cedera Akibat Penelitiannya - Bagian ...


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Kisah 10 Ilmuwan yang Meninggal atau Cedera Akibat Penelitiannya - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Alexander Bogdanov

Tidak hanya dikenal memiliki mata-mata, Rusia ternyata memiliki sejumlah ilmuwan ternama. Salah satu ilmuwan ternama tersebut bernama Alexander Bogdanov. Bogdanov merupakan dokter, filsafat, ekonom, penulis fiksi ilmiah, dan revolusioner. Bogdanov memiliki obsesi besar terhadap bagaimana caranya untuk bisa awet muda. Hal itulah yang membuat ia melakukan uji coba dengan transfusi darah.

Uji coba transfusi darah yang dilakukan Bogdanov berhasil. Dirinya berhasil mencegah kebotakan dan meningkatkan penglihatannya. Hasil tersebut diperoleh ketika dirinya telah melakukan 11 kali transfusi darah. 

Sayang, transfusi darah yang dilakukan Bogdanov tidak disertai pengecekan kesehatan. Di tahun 1928, Bogdanov melakukan transfusi darah dari orang yang terinfeksi malaria dan TBC. Hasilnya? Bogdanov meninggal tidak lama kemudian.

Sir Humphry Davy

Seorang pria Inggris brilian yang juga merupakan seorang ilmuwan dan ahli kimia. Davy yang mengambil bidang kimia, mendapatkan pekerjaan di sebuah toko obat. Tapi karena dirinya terlalu sering mengakibatkan ledakan, akhirnya Davy dipecat. Selain akrab dengan ledakan, Davy juga memiliki 1 kebiasaan buruk yaitu menghirup gas kimia.

Tapi kebiasaan buruknya tersebut malah membantunya dalam menemukan sifat anestesi dari oksida nitrat. Kebiasaan buruk tersebut jugalah yang membuat Davy hampir membunuh dirinya sendiri di sejumlah percobaan. 

Keracunan dalam jangka waktu yang lama membuat Davy mengalami cacat. Sepanjang sisa hidupnya, Davy harus menderita gangguan penglihatan akibat ledakan nitrogen triklorida.

Marie Curie

Di awal tahun 1900an, radium dipercaya memiliki nilai yang lebih tinggi daripada emas atau platinum. Radium atau radon yang dicampur air dipercaya bisa menghasilkan ramuan ajaib yang bisa membuat manusia menjadi sehat dan memperpanjang umur. Ilmuwan yang menemukan Radium bernama Marie Curie. Curie menemukan Radium bersama dengan suaminya yang bernama Pierre.

Marie Curie adalah orang pertama yang berhasil menerima 2 penghargaan nobel dalam 2 bidang ilmu pengetahun yang berbeda yaitu fisika dan kimia. Curie bersama suaminya mempelajari tentang terapi radiasi. Terpapar radiasi secara terus menerus membuat Curie menderita leukemia. Curie menghembuskan nafas terakhir pada tahun 1934.

Michael Faraday

Sebenarnya agak tidak pantas apabila kita senang dengan rusaknya penglihatan Sir Humphrey Davy. Tapi, berkat ketidaksanggupan Sir Humphrey Davy melanjutkan penelitian, Michael Faraday lah yang melanjutkan penelitian yang ditinggalkan olehnya. Melanjutkan penelitian yang ditinggalkan oleh Sir Humprey, Faraday berhasil menemukan hasil penting di bidang elektromagnetik.

Sayang Faraday mengalami nasib sial yang sama dengan yang dialami ilmuwan sebelumnya yaitu Sir Humphrey Davy. Faraday harus mengalami kerusakan mata akibat ledakan nitrogen klorida. Sepanjang sisa hidupnya, Faraday harus menjalani hidup yang tersiksa akibat keracunan bahan kimia.

Galileo Galilei

Tidak ada yang menyangka ya bahwa ilmuwan terkenal Galileo pernah mengalami nasib sial ketika melakukan penelitian. Orang mengenal Galileo sebagai seorang ilmuwan yang menemukan teleskop. Berkat teleskop buatannya, mata banyak orang menjadi terbuka dan bisa melihat objek di luar angkasa.

Tidak hanya kita saja yang penasaran dengan keadaan di luar angkasa. Galileo juga memiliki rasa penasaran yang besar terutama pada matahari. Dengan menggunakan teleskop penemuannya, Galileo menghabiskan sebagian besar waktunya dengan menatap matahari. 

Akibat terus menerus melihat matahari, retina mata Galileo mengalami kerusakan parah. Kerusakan retina yang dialami olehnya hampir saja membuat dirinya buta total.

Related

Science 6511864116662523759

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item