Kisah 10 Penyihir Paling Terkenal yang Benar-benar Ada di Dunia Nyata (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Kisah 10 Penyihir Paling Terkenal yang Benar-benar Ada di Dunia Nyata - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Joan of Arc

Salah satu tokoh penting dalam Perang 100 Tahun adalah Santa Joan of Arc. Berkat dirinyalah Inggris jadi gagal menguasai Perancis. Santa Joan mengaku bahwa dirinya mendengar suara dari malaikat untuk bertemu dengan raja Perancis dan meminta ditempatkannya sejumlah pasukan di beberapa wilayah penting Perancis.

Bagi Perancis, Santa Joan dianggap sebagai pahlawan, tapi bagi pihak lawan, dirinya dianggap sebagai sosok penyihir yang menakutkan. Santa Joan ditanggap oleh orang Burgundians. Burgundians merupakan suku Vandal yang tinggal di Polandia pada era Romawi. Santa Joan yang dianggap penyihir akhirnya dihukum dengan cara dibakar.

Penyihir Salem

Penyihir Salem merupakan sekelompok penyihir yang terkenal di Salem,  Massachusetts, Amerika Seirkat pada tahun 1692. Semua dimulai ketika anak perempuan Samuel Parris bertingkah aneh dengan berteriak, melempar barang, dan memutar tubuhnya dengan posisi yang aneh. Dokter yang memeriknya langsung mengatakan bahwa tingkah aneh putrinya tersebut merupakan ulah iblis.

Sang anak menyalahkan ketiga pembantunya atas tingkah anehnya tersebut. Ketika pembantunya tersebut mengakui bahwa mereka memiliki hubungan dengan iblis. Mereka juga mengaku bahwa mereka adalah seorang penyihir. 

Dikatakan juga bahwa ada banyak penyihir selain mereka di kota yang siap menyakiti orang-orang. Mendapat pengakuan tersebut, seluruh orang yang diduga menganut ilmu hitam ditangkap dan dihukum gantung.

Agnes Waterhouse

Di tanah Inggris, tidak ada orang yang tidak kenal Agnes Waterhouse. Agnes Waterhouse terkenal karena dirinya memiliki hubungan dengan iblis, gemar mengutuk orang, dan membunuh orang yang benci dengan menggunakan ilmu sihir yang dimilikinya. Agnes memiliki hewan peliharaan kucing yang bahkan dinamainya dengan nama Satan atau dalam bahasia Indonesia merupakan Setan. 

Agnes menjadi satu-satunya penyihir di Inggris yang dihukum mati lewat pengadilan. Meski sempat menjalani hukuman ujicoba, Agnes sama sekali tidak bertobat. Barulah ketika hendak digantung, dirinya mengaku bahwa dirinya pernah mencoba membunuh seorang pria namun gagal karena sang pria dilindungi oleh Tuhan. Barulah saat itu Agnes berdoa dan memohon pengampunan pada Tuhan.

Malin Matsdotter

Swedia memiliki hukuman yang sadis untuk para penyihir. Orang-orang yang diketahui mempelajari ilmu hitam, semuanya akan dijatuhi hukuman mati dengan cara dibakar. Hukuman itulah yang dialami oleh Malin Matsdotter. Malin Matsdotter dianggap sebagai penyihir jahat yang harus dimusnahkan dari tanah Swedia.

Berbeda dengan berbagai kasus lainnya dimana sang penyihir akan mengakui dirinya sebagai penyihir, Malin Matsdotter justru menolak mengakui bahwa dirinya adalah penyihir. Anak perempuan Malin membuat pengakuan bahwa ibunya bukanlah seorang penyihir. 

Malin hanyalah seorang janda miskin. Namun orang-orang menganggap lain. Mereka percaya bahwa penyihir yang dibakar hidup-hidup tidak akan berteriak karena mereka tidak bisa merasakan rasa sakit. Dan itupun terjadi pada Malin yang sama sekali tidak berteriak ketika dibakar.

Merga Bien

Balthasar von Dernbach merupakan seorang pangeran dari kota mistis Fulda di Jerman. Dirinya dikenal sebagai salah satu pemburu penyihir yang handal. Balthasar hanya aktif pada tahun 1603 sampai 1606. Dan Marga Bien adalah sang pewaris sah dari si pemburu penyihir tersebut. Meski sang pendahulu merupakan pemburu penyihir, tapi Marga Bien justu malah memutuskan untuk menjadi seorang penyihir.

Marga Bien membunuh suami kedua beserta anaknya. Itu ia lakukan untuk menyembah setan. Bersama dengan Marga Bien, sebanyak 250 orang yang diduga sebagai penyihir turut dihukum mati dengan cara dibakar. Meski Marga Bien saat itu tengah mengandung, oleh banyak orang, bayi tersebut dianggap sebagai bayi Iblis.

Related

Figures 3197525922758763118

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item