Kisah dan Fakta Terselubung tentang Romawi Kuno yang Jarang Diketahui (Bagian 2)

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya ( Kisah dan Fakta Terselubung tentang Romawi Kuno yang Jarang Diketahui - Ba...


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Kisah dan Fakta Terselubung tentang Romawi Kuno yang Jarang Diketahui - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Unit pemadam kebakaran Crassus yang korup

Triumvirat pertama terdiri dari tiga orang yang sangat kuat, yakni Julius Caesar, Gnaeus Pompey, dan Marcus Crassus. Sayangnya, Crassus sering tersingkir dari sejarah Romawi kuno karena berada di bawah bayang-bayang Caesar dan Pompey yang luar biasa.

Salah satu cerita tentangnya yang kurang terkenal menyangkut unit pemadam kebakaran buatannya. Bagaimanapun, setiap kota besar pasti memiliki pemadam kebakaran, termasuk Roma. Namun, pemadam kebakaran buatan Crassus hanya akan memadamkan api ketika sang pemilik menjual propertinya dengan harga yang murah ke Crassus.

Jadi, bisa dibayangkan ketika mereka harus mengemis kepada pemadam kebakaran untuk memadamkam api yang menghancurkan properti mereka. Satu-satunya pilihan adalah membiarkan semuanya terbakar habis atau menjualnya dengan harga lebih murah kepada Crassus.

Publicani, pemungut pajak di masa Romawi kuno

Percaya atau tidak, pemungut pajak saat ini jauh lebih baik daripada pemungut pajak di masa lampau. Selama abad ke-2 SM, para pengusaha Romawi yang disebut publicani mendominasi dunia kuno. Ketika sampai di wilayah yang baru ditaklukkan oleh pasukan Romawi, mereka akan langsung mematok biaya pajak yang tinggi.

Seperti para pemungut pajak pada masanya, publicani suka memeras uang dari orang miskin dan menginjak-injak yang termiskin dari yang miskin. Menurut Britannica, kekayaan yang mereka dapatkan memungkinkan mereka untuk mengontrol perdagangan, perbankan, dan pengiriman barang di wilayah Romawi kuno.

Mereka juga sering memakai taktik brutal untuk menjatuhkan orang-orang Timur dengan kekuatan militer yang kuat, termasuk polis-polis Yunani. Pada saat itu, publicani akan memungut pajak yang disebut decuma (pajak panen 10 persen), yang sebagian besar jatuh ke tangan pemerintah Romawi.

Memiliki beberapa buku yang meramalkan masa depan

Mengutip buku Rubicon: The Last Years of the Roman Republic, dikatakan kalau bangsa Romawi memiliki buku-buku yang ditulis dalam bahasa Yunani. Itu bukan koleksi buku biasa, karena di dalamnya terdapat ramalan tentang masa depan Romawi dan warganya, termasuk akhir yang tak terelakkan dari Republik Romawi.

Buku-buku ini disimpan di dalam Kuil Yupiter di mana hanya penerjemah paling terampil yang diizinkan untuk membacanya. Sebuah legenda mengatakan kalau seorang wanita tua mendekati Raja Lucius Tarquinius saat Roma masih diperintah oleh raja-raja Etruria.

Dikisahkan, wanita itu menawarinya sembilan buku dengan harga yang tidak masuk akal, yang kemudian ditolak oleh Tarquinius dengan ucapan "Harrumph!" Wanita itu pun membakar tiga buku dan menawarkan enam sisanya, masih menuntut harga yang sama. Sekali lagi, Tarquinius menolak. Namun kali ini, dia mulai mempertanyakan buku-buku itu.

Wanita itu kembali membakar tiga buku lagi, dan menawarkan tiga sisanya. Tanpa pertimbangan lagi, Tarquinius pun langsung membeli tiga buku tebal itu. Setelah membacanya dengan teliti, ia tahu kalau buku-buku itu adalah ramalan yang menceritakan tentang naik turunnya peradaban Romawi.

Banyak yang mengaitkan wanita tua itu dengan sibyl (orakel) yang telah meramalkan jatuhnya Troy. Sejak hari itu, buku-buku itu terus dirahasiakan dan dijaga ketat. Buku-buku itu hanya dibawa keluar ketika Kota Roma sedang dalam bahaya atau para pemimpinnya membutuhkan jawaban atas masalah yang sedang dihadapi.

Sebenarnya, masih ada banyak kisah terselubung dari peradaban Romawi kuno. Karena semakin dalam kita menggali sejarah, semakin banyak pula fakta baru yang terungkap darinya.

Related

History 5436016648217613426

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item