Melesat Seperti Kilat, Inilah 10 Kereta Api Tercepat di Dunia (Bagian 1)

Naviri Magazine - Kereta api sering disebut pesawat darat, karena mampu melaju sangat cepat, bahkan terbebas dari kemungkinan terjebak macet...


Naviri Magazine - Kereta api sering disebut pesawat darat, karena mampu melaju sangat cepat, bahkan terbebas dari kemungkinan terjebak macet. Karena, berbeda dengan kendaraan darat lain, kereta api memiliki jalan atau jalur khusus yang hanya dilewati olehnya. Rel kereta memungkinkan kereta api untuk terus melaju tanpa henti, sampai di tempat tujuan.

Seiring dengan itu, teknologi kereta api juga terus ditingkatkan, hingga mampu melaju lebih cepat, lebih cepat, dan lebih cepat. Saat ini, berbagai negara telah memiliki kereta api yang luar biasa dalam kecepatan lajunya. Berikut ini sepuluh di antaranya. Daftar berikut ini dimulai dari yang paling “lambat” menuju ke yang paling cepat.

Velaro E - 403 kph

Salah satu kereta tercepat di dunia dikembangkan oleh perusahaan Siemens Velaro dan dioperasikan oleh perusahaan kereta asal Spanyol yaitu RENFE. Kereta tersebut bernama Velaro E. Ada banyak keluarga dari kereta Velaro dan Velaro E bisa dibilang adalah Velaro adalah kereta versi Spanyol.

Unit pertama dari Velaro E datang pada bulan Juli 2005 dan uji coba pertama baru dilakukan pada bulan Januari 2006. Ketika dilakukan uji coba antara kota Guadaljara dan Calatayud, Velaro E tercatat mencapai kecepatan 403 kilo per jam. Kereta cepat ini memegang rekor kereta tercepat yang ada di Spanyol.

ICE V - 407 kph

Dengan kecepatan yang mencapai 407 kilo per jam, ICE V menjadi kereta tercepat di dunia urutan ke-9. Sebelum dinamakan ICE V, kereta super cepat ini bernama The Intercity Experimental, merupakan kereta cepat yang dikembangkan oleh Deutsche Bundesbahn. Inilah nenek moyang dari semua kereta Intercity Express.

Kereta ICE V bukanlah kereta yang dibuat untuk menjadi transportasi umum. Kereta ini datang pada tahun 1985 dan digunakan hanya untuk bahan uji coba. Dari percobaan yang dilakukan, didapat data bahwa ICE V dapat berlari dengan kecepan 407 kilo per jam. Rekor tersebut tidak terkalahkan sampai tahun 1990.

LIMRV - 411 kph

LIMRV adalah singkatan dari Linear Induction Motor Research Vehicle. Sebuah kereta cepat yang bertenaga 3.000 tenaga kuda. Jika masih dirasa kurang cepat, masih ada tenaga dari mesin jet J52 yang siap mendorong kereta tersebut lebih cepat lagi. LIMRV tercatat dapat menempuh kecepatan hingga 411 kilo per jam.

LIMRV berhasil memecahkan rekor kecepatan 411 kilo per jam pada 14 Agustus 1974. Sebelumnya pernah diadakan uji coba pada Oktober 1972. Hasil yang didapat dari percobaan tersebut tidak terlalu memuaskan. 

LIMRV hanya sanggup berlari secepat 302 kilo per jam. Hal tersebut dikarenakan jalur yang digunakan untuk uji coba memiliki keterbatasan jarak. Hal tersebutlah yang membuat LIMRV ditambahkan meisn jet J52.

Aerotrain 180 - 429 kph

Seorang insinyur asal Perancis bernama Jean Bertin menciptakan sebuah kereta cepat yang dinamakan Aerotrain 180. Aerotrain 180 dikembangkan di Perancis dari tahun 1965 sampai tahun 1977. Bertin membuat Aerotrain dengan tujuan untuk menciptakan kereta yang bisa berlari dengan cepat di rel tanpa mendapat hambatan dari udara.

Tujuan Bertin tersebut tercapai dengan selesainya Aerotrain 180. Di tahun 1974, Aeorotrain 180 memecahkan rekor dunia dengan sanggup mencapai kecepatan 429 kilo per jam. Sayang kereta ini tidak dirilis untuk umum. Karena keterbatasan dana dan kematian sang insinyur di tahun 1977, pengembangan Aerotrain 180 terpaksa berhenti.

Baca lanjutannya: Melesat Seperti Kilat, Inilah 10 Kereta Api Tercepat di Dunia (Bagian 2)

Related

Technology 3060503284514557429

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item