Mengalahkan Berlian, Inilah 10 Material Paling Keras di Dunia (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Mengalahkan Berlian, Inilah 10 Material Paling Keras di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Boron Carbide

Material keras dengan rumus kimia B4C ini pertama kali ditemukan di abad ke-19. Total perbandingan unsur boron dengan carbon pada material ini adalah 4:1. Boron Carbide biasanya dimanfaatkan sebagai rompi anti peluru pada polisi, armor tank, dan masih banyak lagi kegunaanya dalam dunia industri. 

Material ini memiliki keunikan dengan menyerap neutron radiasi. Boron Carbide juga sering digunakan sebagai pelindung dalam pembangkit tenaga nuklir. Komponen material ini juga dapat bertahan dari radiasi ion dan juga bahan kimia lainnya. Material ini juga biasa menjadi bahan pembuat gembok loh.

Borazon

Dikenal dengan nama cubic boron nitride, material ini terbentuk memanaskan sejumlah nitrogen  dengan tekanan sekitar 7 GPa dan suhu 1.8000C. Dengan proses tersebut maka terbentuklah material terkeras urutan ke-4 dengan rumus kimia CBN. Borazon biasa digunakan sebagai alat penggiling dan juga alternatif dari berlian. Hal ini disebabkan karena Borazon memiliki harga lebih murah daripada berlian.

Terlepas sebagai pengganti berlian, Borazon memiliki kegunaan lain sebagai alat potong, gergaji, pisau, jarum, alat penggulung, gigi mesin, bagian pesawat terbang, turbin, bahkan pisau bedah. 

Berlian

Berlian adalah salah satu jenis perhiasan yang sering digunakan oleh perempuan. Telah lama diketahui oleh orang bahwa berlian adalah salah satu material paling keras yang ada di dunia. Saking kerasnya, bahkan untuk membuat sedikit goresan di berlian adalah suatu hal yang sangat sulit. 

Berlian tercipta dari atom karbon yang telah diberi tekanan dan suhu yang tinggi. Hexagonal struktru mereka membuat material ini unik. Tidak hanya digunakan sebagai alt poles, berlian juga dapat digunakan sebagai alat potong karena sifatnya yang keras. 

Lonsdaleite

Serupa dengan berlian namun dengan tingkat kekerasan yang lebih tinggi, adalah material Lonsdaleite. Sama-sama terbentuk dari atom karbon namun dalam bentuk yang berbeda, Lonsdaleite 58% lebih keras bila dibandingkan dengan berlian. Material langka ini kadang terbentuk ketika meteorit yang mengandung grafit jatuh ke bumi.

Ciri-ciri material ini memiliki warna kuning kecoklatan serta wujudnya yang transparan. Dikarenakan material ini merupakan material alam yang sangat langka, jadi para ilmuwan sangat berhati-hati untuk mengolah material ini. Hanya ilmuwan khusus yang boleh mengolah material ini.

Wurtzite Boron Nitride

Penasaran dengan material paling keras di dunia? Wurtzite Boron Nitrire, itulah nama material yang berhasil menggusur berlian sebagai material terkeras yang ada di muka bumi. Jika dibandingkan degan berlian, Wurtzite memiliki struktur level yang sama dengan berlian. 

Kenapa Wurtzide bisa lebih keras dari berlian? Hal tersebut disebabkan karena Qurtzite tercipta dari suhu yang luar biasa panas dan juga tekanan yang sangat tinggi ketika terjadi erupsi gunung berapi,

Wurtzite memiliki persentase kekerasan 18% lebih keras daripada berlian. Material terkeras ini diolah untuk dijadikan alat potong dan juga perkakas. Terima kasih berkat struktur polycrystallinenya yang menjadikannya material terkeran yang ada di bumi.

Related

Science 1496928097890964894

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item