Perlu Tahu agar Hati-hati, Ini 10 Jenis Laba-Laba Paling Beracun di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Ada banyak jenis laba-laba di dunia, sebagian tidak berbahaya, namun sebagian lain sangat berbahaya karena memiliki racun mematikan. Laba-laba yang hidup di sekitar kita mungkin tergolong tidak berbahaya. Namun di luar sana ada banyak laba-laba yang perlu diwaspadai karena berbahaya.

Ketika berada di luar negeri, atau ketika berkemah di hutan, kita patut mewaspadai jenis laba-laba tertentu, yang bisa jadi mematikan. Bagaimana pun, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Berikut ini adalah sepuluh jenis laba-laba paling beracun yang harus diwaspadai.

Yellow Sac Spider

Ukurannya memang kecil, hanya sekitar 5 sampai 10mm. Tapi bukan berarti laba-laba ini bukan ancaman berarti bagi manusia. Laba-laba Yellow Sac memiliki gigitan yang sangat menyakitkan sehingga membuatnyanya dianggap sebagai salah satu laba-laba paling beracun di dunia. Diberi nama Yellow Sac dikarenakan laba-laba ini memiliki warna tubuh kuning pucat atau hijau.

Penyebaran laba-laba Yellow Sac berasal dari wilayah Australia sampai Kanada. Racun yang dimiliki Yellow Sac dikenal dengan sebutan cytotoxin. Cytotoxin ini memberikan efek sakit yang sangat disertai dengan pembengkakan pada bagian yang digigit oleh Yellow Sac. 

Jika berada di tempat yang banyak tanaman, kulit pohon, batu, dan dedaunan, kalian wajib berhati-hati karena di tempat itulah paling banyak ditemukan laba-laba Yellow Sac.

Goliath Bird Eater Tarantula Spider

Goliath Bird Eater Tarantula adalah laba-laba terbesar kedua yang ada di dunia dengan ukuran yang bisa mencapai 28 cm. Jadi jelas bahwa siapapun yang melihat laba-laba besar ini pasti akan langsung menjaga jarak. Beruntungnya adalah Goliath Bird Eater Tarantula lebih banyak ditemukan di hutan dan tempat yang memiliki kondisi tanah basah.

Tidak hanya ukurannya yang harus kalian waspadai, Goliath Bird Eater Tarantula ternyata memiliki racun yang cukup berbahaya bagi manusia. Meski tidak sampai bisa membunuh manusia, gigitan laba-laba ini bisa memberikan rasa sakit yang luar biasa serta pembengkakan di sekitar luka akibat gigitannya. 

Efek berbeda apabila Goliath Bird Eater Tarantula menggigit hewan yang lebih kecil. Dipastikan hewan kecil tersebut akan mati dalam hitungan menit.

Fringed Ornamental Tarantula

Memiliki tubuh besar dan tubuhnya yang dilapisi dengan bulu halus, laba-laba Fringed Ornamental ini masih tergolong dalam keluarga Tarantula. Fringed Ornamental Tarantula memiliki taring yang sangat unik yang mengarah ke bawah. Jadi untuk menangkap mangsa, Fringed Ornamental Tarantula harus menancapkan kedua taringnya pada tubuh korban. Berbeda dengan laba-laba pada umumnya yang menggunakan taringnya untuk menjepit korban.

Banyakan orang berpikir bahwa gigitan Tarantula tidaklah menyakitkan, tapi jangan kalian anggap remeh dengan laba-laba satu ini. Racun dari Fringed Ornamental Tarantula bisa memberikan rasa sakit yang luar biasa disertai dengan kram otot. Pernah ada sebuah kasus dimana seorang manusia terpaksa masuk ruang gawat darurat setelah mengalami kejang-kejang dan sakit pada dada setelah diserang laba-laba ini.

Wolf Spider

Banyak ditemukan di daerah Amerika Utara dan Eropa dan diketahui ada sebanyak 175 jenis Wolf Spider yang tersebar di beberapa negara di dunia. Ukurannya terbilang sangat bervariasi, yang paling kecil bisa berukuran 1 mm dan yang paling besar sekitar 35 mm. Nama Wolf Spider diambil dari nama ilmiah Lycosidae yang bila diterjemahkan dalam bahasa latin akan berarti wolf atau serigala.

Ukurannya memang bervariasi, tapi efek racun dari Wolf Spider bisa terbilang sama. Apabila kalian digigit oleh Wolf Spider, racunnya bisa mengakibatkan kemerahan dan iritasi pada area sekitar gigitannya. Wolf Spider memiliki sifat penyendiri tapi ketika merasa terancam, Wolf Spider dengan cepat akan menyerang apapun yang mengganggunya.

Mouse Spider

Menurut catatan, ada sekitar 12 jenis Mouse spider yang tersebar di Australia dan Selandia Baru. Dipersenjatai dengan taring yang tajam dan racun yang mirip dengan Sydney Funnel Web membuat Mouse spider dianggap sebagai salah satu laba-laba yang berbahaya. Meski memiliki ukuran hanya 1 sampai 3 cm, Mouse spider bisa bergerak sangat cepat layaknya tikus.

Meski memiliki racun yang sama mematikannya dengan Sydney Funnel Web, Mouse spider tergolong laba-laba yang sangat berhati-hati dalam menggunakan racunnya tersebut. Sebagian besar gigitan dari Mouse spider diketahui kering atau tanpa racun. Namun apabila ada orang bernasib sial yang disuntikan racun oleh laba-laba ini, orang tersebut bisa mengalami rasa sakit yang sangat.

Baca lanjutannya: Perlu Tahu agar Hati-hati, Ini 10 Jenis Laba-Laba Paling Beracun di Dunia (Bagian 2)

Related

Science 2642596447080137308

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item