Perlu Tahu, Ini 10 Masalah yang Biasa Dihadapi Orang Kidal (Bagian 1)


Naviri Magazine - Kebanyakan orang biasa menggunakan tangan kanan untuk melakukan banyak hal. Misalnya menulis, membuka pintu, menggerakkan mouse komputer, sampai berjabat tangan. Tapi ada sedikit orang yang sebaliknya, mereka lebih terbiasa menggunakan tangan kiri untuk melakukan banyak hal. Merekalah yang biasa disebut orang kidal.

Orang mengalami kidal bukan karena keinginan sendiri, itu bisa dibilang sebagai bawaan lahir. Artinya, orang-orang kidal memang lebih mudah melakukan aneka hal dengan tangan kiri dibanding tangan kanan. 

Yang jadi masalah, aneka hal di dunia ini dirancang untuk orang-orang yang menggunakan tangan kanan, sehingga orang kidal sering kesulitan saat akan ikut menggunakannya. Sepuluh hal berikut ini di antaranya.

Stigma Tangan Kiri yang Buruk

Tiap orang tua harusnya bangga bila ananya bisa melakukan sesuatu yang tidak banyak orang bisa lakukan, itulah keunikan seorang anak. Salah satu keunikan yang jarang ditemukan adalah anak bertangan kidal. Coba kalian lihat saja sendiri, ada berapa banyak anak bertangan kidal di sekolah atau kelas. Pasti sedikit, kan?

Sayangnya, kebanyakan orang tua masih menganggap bahwa anak bertangan kidal adalah sesuatu yang buruk. Orang tua jaman dahulu masih tertanam stigma bahwa tangan kiri adalah tangan yang buruk. Itulah yang menyebabkan orang tua melatih anaknya yang bertangan kidal untuk aktif menggunakan tangan kanannya.

Menulis di Papan Tulis

Ketika belajar di sekolah, kadang ada saatnya kita dipanggil guru ke depan untuk menyelesaikan soal yang ada di papan tulis. Terlepas menulis di papan apa, whiteboard atau yang hijau, bagi mereka yang menggunakan tangan kanan pasti tidak akan mengalami kendala. Tapi bagi mereka yang menggunakan tangan kiri untuk menulis, ini adalah masalah besar.

Bagi yang menggunakan tangan kanan untuk menulis, mereka tidak perlu takut tangannya akan kotor. Bagi mereka yang kidal, menulis di papan menggunakan kapur ataupun spidol, pasti tangan kirinya akan kotor. Masalah ini tentunya tidak akan dimengerti bagi mereka yang bukan orang kidal.

Bermain Gitar

Apa ada di antara kalian yang hobi bermain musik terutama gitar? Dengan gitar, kita bisa memainkan lagu apa saja yang kita suka, sudah pasti asyik bukan? Belum lagi jika kalian itu cowok. Cowok yang bisa bermain gitar selalu mendapatkan poin tambah di mata lawan jenis. Namun, tidak semua orang bisa bermain gitar dengan bebas, terutama mereka yang kidal.

Kebanyakan gitar yang dijual, diperuntukan bagi mereka yang normal alias menggunakan tangan kanan. Bagi mereka yang bertangan kiri tentu saja tidak bisa bermain gitar dengan bebas. Lalu bagaimana solusinya agar tetap bisa bermain gitar? Pertama adalah memaksakan diri untuk melatih tangan kanan. Kedua adalah mencari orang yang bisa membuatkan gitar khusus untuk orang kidal.

Menulis di Buku Berspiral

Pernahkah kalian melihat buku dengan pemisah tengah berupa spiral? Jika iya, apakah kalian pernah merasa kesulitan menulis di buku berspiral? Bahkan untuk orang yang menulis dengan tangan kanan saja, menulis di buku berspiral cukup menyusahkan, apalagi bagi mereka yang kidal?

Bagi yang kidal, jika ada sesuatu yang mengganjal di tangan ketika menulis, pasti akan ada perasaan jengkel. Mau menulis kok ada gangguan? Andaikan saja tidak ada buku dengan pemisah spiral, pasti menulis akan terasa lebih nyaman dan akan menulis akan semakin cepat selesai.

Membuka Pintu

Ketika masuk ke dalam rumah atau suatu ruangan, pasti kita harus membuka pintu dengan menggerakkan gagang pintu. Bagi orang yang menggunakan tangan kanan, menggerakkan gagang pintu pasti sangatlah mudah. Lalu bagaimana dengan orang kidal? Ternyata ini bisa cukup menyebalkan.

Kenapa bisa menyebalkan? Karena orang kidal biasa melakukan segala sesuatu dengan tangan kiri, biasanya, secara refleks pasti orang kidal akan menggerakan gagang pintu dengan menggunakan tangan kiri. Risih pastinya jika kita harus menyilangkan tangan kiri ke sebelah kanan tubuh hanya untuk membuka pintu.

Baca lanjutannya: Perlu Tahu, Ini 10 Masalah yang Biasa Dihadapi Orang Kidal (Bagian 2)

Related

Science 7476674263298889067

Recent

item