Apa Itu Bipang Ambawang yang Disebut Jokowi sebagai Makanan Khas Daerah Kalimantan?


Naviri Magazine - Baru-baru ini sebuah video viral tentang Jokowi yang menyebut Bipang Ambawang sebagai makanan khas Kalimantan beredar di dunia maya.

Dalam video tersebut, Jokowi mengajak warga untuk membeli secara online oleh-oleh seperti cenderamata hingga makanan khas daerah.

"Bagi yang rindu makanan khas daerah tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu Gudeg Jogja, Bandeng Semarang, Siomay Bandung, Pempek Palembang, Bipang Ambawang dari Kalimantan dan lain-lainnya, tinggal pesan. Dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," kata Jokowi.

Pro dan kontra Bipang Ambawang yang disebutkannya ini terjadi di dunia maya terutama di Twitter.

Bahkan, pada Sabtu, 8 Mei 2021, menjadi trending pertama di laman Twitter. Warganet menilai Bipang Ambawang tidak sesuai dengan konteks pidato Presiden Jokowi pada video viral tersebut.

Banyak yang menyatakan bahwa video tersebut memiliki konteks libur lebaran Idul Fitri namun menyebut Bipang Ambawang untuk oleh-oleh.

Padahal hari lebaran tahun ini berbarengan dengan perayaan kenaikan Isa Almasih. Sehingga tidak salah presiden Jokowi lantas menyebut Bipang untuk oleh-oleh karena tradisi mudik sejak jaman dulu tidak ahanya dilakukan oleh umat muslim akan tetapi non muslim juga/

Jadi, apa itu Bipang Ambawang? Sebuah akun Instagram, @bipangambawang, menyebut bahwa Bipang merupakan kependekan dari Babi Panggang sedangkan Ambawang adalah sebuah Kecamatan di Pontianak Kalimantan.

Di Kecamatan tersebut, Bipang banyak dijajakan warga sebagai salah satu kuliner andalan Ambawang.

Kuliner ini menyajikan daging babi yang dipanggang sehingga menghasilkan tekstur lembut daging dan krispi kulit babi karena proses pemanggangan.

Harga Bipang Ambawang bervariasi disesuaikan dengan resto yang menjual kuliner khas Kalimantan ini.

Makanan tersebut menjadi daya tarik para pengunjung dan pelancong dari berbagai daerah yang ingin mencicipi daging babi panggang khas Ambawang yang tak kalah menariknya dengan cinderamata yang dibuat oleh warga terutama suku Dayak Kalimantan.

Related

News 713189035011489086

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item