Benarkah Mobil Bisa Ngadat Bila Lama Tidak Digunakan? Ini Penjelasan Ahli


Naviri Magazine - Pemberlakuan bekerja di rumah, membuat mayoritas orang yang sebelumnya terbiasa rutin bekerja menggunakan mobil pribadi, kini terpaksa mendiamkan mobilnya di garasi untuk jangka waktu yang lama.

Situasi bahkan sampai memunculkan anggapan, bila mobil yang sebelumnya sering digunakan kemudian mendadak nganggur, mobil bisa 'ngadat'. Apakah itu pendapat yang benar atau hanya mitos belaka?

Merespons hal tersebut, Bambang Supriyadi, selaku Technical Support Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pun angkat bicara.

"Tidak berpengaruh ya, mitos saja. Karena tetap tergantung treatment hariannya saat tidak dipakai seperti apa," ucap Bambang.

Bambang menjelaskan, apabila perlakuan mobil tersebut saat tidak dipakai tetap sesuai anjuran seperti rutin dipanaskan, maka seharusnya hal itu tidak akan bermasalah untuk mesin mobil itu sendiri.

Namun, apabila sudah rutin dipanaskan tetapi mobil tetap ngadat atau tidak mau menyala, maka menurut Bambang, hal itu hanya suatu kebetulan saja.

"Kalau rutin dipanaskan seharusnya enggak masalah. Mungkin kalaupun ada, hanya case by case seperti yang tadi saya jelaskan, mungkin memang kebetulan pompa bensinnya tersumbat atau koilnya sudah tidak bagus jadi mati," terang Bambang.

Oleh karena itu, Bambang pun lagi-lagi mengingatkan agar para pemilik mobil rutin memanaskan mobilnya setiap 2 hari sekali atau minimal seminggu sekali, serta jalankanlah mobil sesekali, meski hanya di sekitar komplek rumah.

Dengan melakukan 2 hal itu, menurut Bambang, sudah cukup untuk menjaga beberapa komponen seperti aki dan sistem pengereman agar selalu dalam kondisi prima.  

Related

Automotive 7097892057448778092

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item