Damai, Tenang dan Hening, Inilah 10 Kota Terkecil di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Kota besar dan kota kecil memang dibedakan dari ukuran luasnya. Kota besar memiliki ukuran besar, dan kota kecil memiliki ukuran kecil. Dari situ, berbagai hal kemudian semakin membedakan kota besar dan kota kecil.

Kota besar umumnya dihuni lebih banyak orang, kehidupannya lebih sibuk, jalanannya lebih ramai bahkan macet, dan orang-orang asing biasa keluar masuk untuk berbagai keperluan. Sebaliknya, kota kecil umumnya dihuni lebih sedikit orang, kehidupannya lebih tenang, jalanannya lebih sepi, dan secara umum lebih tenang dan hening.

Karena ketenangan dan keheningan itu pula, ditambah keindahan yang dimiliki, banyak kota kecil yang kemudian jadi destinasi wisata terkenal. Terkait hal itu, berikut ini sepuluh kota terkecil di dunia.

Barbados, 213 Mil Persegi

Mungkin kalian yang biasa hidup di tengah kota yang penuh keramaian ingin mencari kota baru yang sepi dari kebisingan, Barbados adalah kota yang bisa kalian coba. 

Barbados adalah kota urutan terakhir dalam daftar kota terkecil di dunia. Dijamin kamu akan betah tinggal di sana, bukan hanya jauh dari polusi serta kebisingan, di Barbados kalian bisa melihat indahnya pemandangan Laut Caribbean.

Barbados adalah sebuah kota kecil yang berlokasi di Kepulauan Caribbean. Tahukah kalian bahwa kota kecil ini hanya memiliki luas sekitar 213 mil persegi? Populasinya saja hanya sekitar 300.000 penduduk. Kota Barbados ini terletak di Kepulauan Caribbean sebelah Timur Antiles. Kota ini sudah sejak lama menjadi destinasi favorit para turis.

Antigua, 200 Mil Persegi

Antigua atau yang sering disebut juga dengan Waladli atau Wadadli adalah sebuah pulau yang terletak di Hindia Barat. Antigua adalah salah satu dari Kepulauan Leeward yang ada di wilayah Caribbean. Antigua menjadi kota independen setelah mendapatkan kemerdekaan dari Inggris di tahun 1981.

Luas Antigua hanya sekitar 200 mil persegi. Bukan hanya luasnya yang lebih kecil dari Barbados, populasi di kota tersebut juga jauh lebih sedikit yakni sekitar 250.000 penduduk. 

Antigua sangat cocok dijadikan destinasi wisata jika kalian ingin berkunjung kesana. Di sana, kalian bisa melihat pemandangan berupa bukit dan gunung kecil. Pantai yang mereka miliki juga sangat indah dan ramai.

Andorra, 180 Mil Persegi 

Andorra memiliki luas yang hanya 180 mil persegi. Kota kecil ini merupakan kota independen yang terletak di antara Perancis dan Spanyol du Pegunungan Pyrenees. Andorra ini sudah dikenal banyak orang sebagai surganya ski. Hebat, kan? 

Kota kecil tapi memiliki ski resort yang sangat terkenal. Bukan hanya itu, kalian para wisatawan bisa bebas berbelanja tanpa harus takut dengan pajak.

Dengan luas yang begitu kecil, jumlah penduduk di kota ini juga terbilang sangat sedikit yakni sekitar 20.000 penduduk. Penduduk di kota Andorra bekerja di organisasi pemerintah dan semi pemerintah untuk Perancis. Bekerja dengan organisasi milik pemerintah dan semi pemerintah tersebut membuat penduduk kota Andorra hidup cukup enak.

Vatican, 150 Mil Persegi

Vatican adalah kota penuh seni dan arsitektur yang ada di Roma, Itali. Kota ini menjadi markas besar dari Gereja Katolik Roma. Kota ini sekaligus menjadi tempat tinggal tokoh besar di agama Katolik yakni Paus Franciskus. Kota yang sangat terkenal bagi orang Katolik ini ternyata tidak memiliki luas yang begitu besar.

Tercatat, kota Vatican hanya memiliki luas sekitar 150 mil persegi. Membuatnya menjadi kota terkecil di dunia urutan 7.Dikelilingi dengan pegunungan dan dataran hijau, Vatican dipadati sebanyak 150.000 penduduk. 

Jika dibandingkan dengan luas kota, Vatican bisa dibilang cukup padat. Namun, mereka mendesain rumah tempat tinggal sedemikian rupa sehingga tidak terlihat padat.

Baca lanjutannya: Damai, Tenang dan Hening, Inilah 10 Kota Terkecil di Dunia (Bagian 2)

Related

International 6089160953738616872

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item