Kena Covid-19 Massal dari Acara Pengajian, Satu Kampung di Cianjur Diisolasi

Naviri Magazine - Satgas Covid-19 Cianjur melakukan isolasi terhadap puluhan orang di satu kampung di Desa Cibuluh, Kecamatan Cidaun, Cianj...

Kena Covid-19 Massal dari Acara Pengajian, Satu Kampung di Cianjur Diisolasi

Naviri Magazine - Satgas Covid-19 Cianjur melakukan isolasi terhadap puluhan orang di satu kampung di Desa Cibuluh, Kecamatan Cidaun, Cianjur, Jawa Barat. Seluruh aktivitas keluar masuk perkampungan dibatasi, sehingga pengawasan dilakukan tenaga kesehatan dan gugus tugas setempat.
 
Juru Bicara Pusat Informasi dan Kordinasi Covid-19 Cianjur, dr Yusman Faisal, mengatakan pertama kali kasus warga terpapar covid-19 diketahui setelah seorang di antaranya memeriksakan diri ke puskesmas setempat dengan keluhan meriang dan hilang penciuman.  

"Petugas langsung melakukan tes cepat antigen, dengan hasil positif covid-19, sehingga gugus tugas setempat melakukan penelusuran dan ditemukan 24 orang warga terpapar berdasarkan tes usap PCR yang langsung dilakukan," katanya.

Pihaknya langsung melakukan isolasi terhadap warga di satu kampung tersebut. Seluruh aktivitas warga dibatasi termasuk akses keluar masuk perkampungan ditutup, sebagai upaya memutus penularan dan puluhan warga yang terpapar menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.
 
"Karantina lokal kita terapkan, agar tidak terjadi penularan lainnya, menimpa perkampungan terdekat," jelasnya.
 
Pengawasan ketat dilakukan gugus tugas kecamatan, desa hingga RT setempat dan tenaga kesehatan dari puskesmas setempat.  Ia menambahkan, karantina lokal terhadap puluhan warga merupakan kedua kalinya ditemukan di Cianjur, di mana sebelumnya 54 orang warga di satu kampung di Kecamatan Cibinong, dinyatakan positif covid-19.
 
"Untuk warga di satu kampung di Kecamatan Cibinong, merupakan klaster pengajian, sempat menjalani isolasi mandiri dan sekarang semuanya sudah sembuh dan beraktivitas seperti biasa. Gugus tugas juga sempat memberlakukan karantina lokal," jelasnya.
 
Pihaknya mengimbau warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, saat beraktivitas di luar rumah, meski sudah mendapatkan vaksinasi. Pasalnya hingga saat ini, pandemi covid-19 masih terjadi di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Cianjur.

Related

News 4444932673071608605

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item