Kisah dan Asal Usul 10 Kota Hantu Paling Terkenal di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Yang menjadikan suatu kota hidup dan berdenyut, karena ada penghuni di kota tersebut. Para penduduk yang tinggal di sana menjalani kehidupan beserta segala aktivitas, termasuk interaksi dengan sesama, perdagangan, dan lain-lain. Tanpa ada penduduk, sebuah kota akan mati.

Karena berbagai alasan, ada banyak kota di dunia yang ditinggalkan seluruh penduduknya. Ketika tidak ada lagi penduduk, kota itu pun kosong dan dijuluki kota hantu. Seperti sepuluh kota hantu terkenal berikut ini.

Centralia, Pennsylvania

Kota hantu ini bisa dibilang merupakan inspirasi dibuatnya film Silent Hill. Adalah kota tambang batu bara bernama Centralia yang terletak di Pennsylvania. Kota batu bara tersebut ditinggalkan oleh penduduknya semenjak 1962. Alasannya adalah karena tambang batu bara yang berada di bawah kota Centralia terus menerus terbakar.

Melihat kondisi kota yang tidak kondusif, pemerintah Centralia memutuskan untuk memberikan instruksi pada warganya untuk segera meninggal kota pada tahun 1992. 

Ajaibnya, di tahun 2010 masih ada beberapa orang yang menolak untuk pindah. Sampai saat ini, panas dari tambang batu bara di Centralia terus bertambah, mengakibatkan retaknya jalanan dan mengeluarkan asap beracun dari bawah tanah.

Epecuen, Argentina

Di Buenos Aires, Argentina, terdapat sebuah desa yang menjadi tujuan destinasi turis. Ditemukan di abad ke-20, kota tersebut berkembang dengan sangat cepat. Tidak menunggu waktu lama, langsung dibangun rel kereta dan jumlah penduduk di desa tersebut langsung meningkat sebanyak lebih dari 5.000 penduduk.

Sebuah bencana yang terjadi pada tahun 1985 langsung merubah desa Epecuen tersebut yang tadinya indah menjadi hancur berantakan. Hujan deras yang turun mengakibatkan air danau dekat desa menjadi meluap. 

Ditambah dengan kegagalan pemerintah dalam mengatur sistem irigasi air pada tahun 1976-1983 turut ambil bagian dalam hancurnya desa Epecuen. Desa tersebut harus tenggelam 9 meter di bawah air. Barulah di tahun 2009 air mulai menyusut dan desa Epecuen kembali ke permukaan.

Oradour-sur-Glane, Perancis

Sebuah desa menjadi saksi bisu terjadinya pembantaian kejam di masa Perang Dunia II. Desa tersebut adalah Oradour-sur-Glane, sebuah desa yang ada di Perancis. Selama Perang Dunia II terjadi, penduduk Perancis yang tinggal di desa tersebut dibantai dengan sadis oleh tentara Nazi. Sebanyak 642 penduduk dan rumah di desa tersebut dibakar.

Tidak hanya pria, wanita dan anak-anak juga tidak mendapatkan belas kasihan. Siapapun warga desa Perancis yang terlihat oleh tentara Nazi, semuanya akan langsung dibantai. Desa Oradour-sur-Glane sempat dibangun kembali, berdekatan dengan lokasi terjadinya pembantaian. Pemerintah Perancis kemudian memutuskan untuk mengosongkan desa tersebut sebagai monumen bagi mereka para korban kekejaman Perang Dunia II.

San Zhi, Taiwan

Ternyata di Asia juga ada loh kota yang dijuluki kota hantu. Kota hantu yang dimaksud adalah kota San Zhi. San Zhi ini merupakan sebuah kota yang ada di Utara Taiwan. Sebelum ditinggalkan oleh penduduknya seperti sekarang, dulunya kota tersebut adalah kota yang memiliki tempat penginapan yang unik.

Tempat penginapan di kota San Zhi dibangun menyerupai pesawat alien. Diharapakan nantinya dengan tempat penginapan layaknya pesawat UFO tersebut bisa meningkatkan jumlah turis di Taiwan. Sayang, karena terlalu banyak terjadi kecelakaan ketika pembangunan dan kurangnya dana, pembangunan tempat penginapan tersebut akhirnya terhenti.

Pegrema, Rusia

Rusia yang merupakan salah satu dari negara adidaya di dunia ternyata memiliki banyak hal yang sangat menarik untuk dibahas. Salah satu hal menarik dari Rusia adalah sebuah desa yang bernama Pegrema. Desa ini adalah desa yang berada di Medvezhyegorsky, sebuah distrik dari Republik Karelia, berlokasi dekat dengan Danau Onega.

Pegrema yang menjadi bukti nyata indahnya arsitektur bangunan yang terbuat dari kayu ternyata adalah sebuah desa yang tidak berpenghuni. Dulu, kota Pegrema adalah sebuah kota yang indah, sejak terjadinya Revolusi Rusia, kota tersebut langsung ditinggalkan oleh penduduknya tanpa menyisakan apapun.

Baca lanjutannya: Kisah dan Asal Usul 10 Kota Hantu Paling Terkenal di Dunia (Bagian 2)

Related

History 6367409976771913474

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item