Tidur dengan Menyalakan Kipas Angin ternyata Bisa Berbahaya, Ini Tips Mengatasinya


Naviri Magazine - Ada beberapa orang yang tidak bisa tidur tanpa kipas angin. Entah karena cuaca yang gerah atau karena suara kipas angin bisa membantu terlelap.

Meskipun kipas angin itu bukan benda beracun, menggunakannya pada malam hari dapat menyebabkan konsekuensi tertentu.

Apa saja bahayanya? Adakah alternatif agar tetap bisa tidur tanpa kepanasan meski tak menggunakan kipas angin? Mengutip artikel Bright Side yang berjudul Why Sleeping With a Fan On Is Bad for You, ini reaksi tubuhmu saat tidur dengan kipas angin menyala.

1. Bisa mengeringkan mulut dan saluran hidung

Penelitian menunjukkan bahwa membiarkan kipas angin tetap menyala dapat membantu menguapkan keringat dan kelembapan dari tubuh. Hal itu yang menyebabkan dehidrasi serta mengeringkan mulut dan saluran hidung.

Jika kamu tinggal di daerah kering, hal ini memerlukan perhatian khusus, karena konsekuensi ini dapat muncul lebih cepat. Secara umum, kamu bisa mengatasinya dengan meminum secangkir air.

2. Dapat memperburuk alergi

Jika kamu memiliki alergi, tidur dengan kipas angin menyala bukanlah ide yang baik. Menurut peneliti, angin dapat membantu mengedarkan partikel alergen, meningkatkan kemungkinan asma, mata kering, alergi mata, dan demam.

3. Bisa sebabkan kram otot

Suhu di malam hari cenderung menurun dengan cepat. Selain itu, cuaca dingin juga salah satu penyebab kram otot. Kipas angin dapat membuat kamu terpapar udara dingin yang lebih terkonsentrasi dan konstan, yang berhembus langsung ke arahmu.

Di sisi lain, jika kamu mengalami malam yang panas, hembusan udara dari kipas angin dapat meningkatkan suhu tubuh. Hal inilah yang menyebabkan penyakit terkait panas, seperti mual atau sakit kepala. 

Ini yang dapat kamu lakukan selain menyalakan kipas angin.

1. Tidur dengan jendela terbuka

Solusi sederhana untuk malam yang panas adalah dengan membiarkan jendela terbuka. Angin dingin di pagi hari akan membantu mendinginkan udara.

Jika kamu takut digigit nyamuk, kamu dapat mencoba memasang kelambu atau layar di jendela kamar tidurmu.

2. Letakkan handuk basah atau ember berisi air di dekat tempat tidur

Untuk membuat kamar bebas gerah, letakkan handuk basah di dekat kepala tempat tidurmu. Bisa juga dengan isi ember dengan air dan biarkan di sisi tempat tidur atau di lantai. Solusi ini akan membantu meningkatkan kelembapan di kamar tidurmu.

3. Putar kipas ke arah lain

Jika kamu tidak bisa tidur tanpa kipas, coba putar ke arah lain. Dengan cara ini, angin tidak akan langsung menyerang tubuhmu. Kamu juga dapat mencoba meletakkannya di dekat jendela, sehingga dapat menangkap udara luar dan membantunya memasuki ruangan.

Related

Health 1835808226600497048

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item