Tips, Kiat, dan Panduan Merawat Burung Piaraan


Naviri Magazine - Sebagaimana manusia, burung yang bagus adalah burung yang tampil dengan rasa percaya diri. Dengan begitu, burung akan bersuara lantang dan gerak-geriknya pun spontan, tidak ragu-ragu.

Agar burung punya rasa percaya diri, harus dilakukan hal-hal yang menjadi kebiasaannya, seperti disiapkannya makan dan minum, serta kandang yang dibersihkan secara teratur. Dengan demikian, ia akan memiliki rutinitas yang baik, rapi, dan bersih, sehingga burung tidak menjadi murung dan malas beratraksi.

Dalam hal makanan dan minuman, sebaiknya burung diberikan makanan pur, yaitu jenis makanan burung yang berasal dari olahan jagung, buah-buahan, dan vitamin lainnya. Jenis makanan ini sangat digemari burung dibanding jagung kering. Selain itu, burung juga harus diberi susu atau teh manis, selain untuk energi, juga untuk variasi rasa minuman sehari-hari.

Burung juga sebaiknya tidak terus disimpan di dalam kandang. Tapi dilepas dengan cara hanya mengikat salah satu bagian kakinya, dan diletakkan pada taman atau ruang yang tetap dapat dimasuki udara bebas. Sebaiknya burung diletakkan di tempat yang terbuka secara langsung dengan langit, agar burung tetap bisa kena panas dan hujan, seperti di alam bebas.

Khusus untuk burung beo, sebaiknya jenis burung ini tidak disatukan dengan jenis burung lainnya. Sebab nantinya beo akan menirukan setiap suara jenis burung yang ada di sekitarnya. Agar tetap punya jati diri, burung beo sebaiknya diletakkan terpisah di area yang lebih luas untuk merangsang keinginan bicaranya.

Yang tak kalah penting, burung-burung piaraan harus disambangi secara rutin setiap hari. Dengan demikian, burung akan merasa tenteram karena diperhatikan.

Related

Tips 7265572429213159310

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item