Aneka Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan (Bagian 1)


Naviri Magazine - Mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) berasal dari Papua/Irian Jaya, yang kini menjadi salah satu tanaman obat terkenal di Indonesia. Pohon mahkota dewa dapat tumbuh subur di berbagai kondisi tanah yang padat dan gembur. 

Tingginya bisa mencapai 3 meter atau lebih, dengan daun hijau yang lebat. Buahnya menempel pada bagian batang, berkelompok atau sendiri-sendiri. Warna buahnya hijau saat masih mentah, dan berubah kemerahan saat masak, serta memiliki aroma harum.

Semula, pohon mahkota dewa hanya ditanam sebagai peneduh jalan. Namun, setelah diketahui memiliki khasiat dalam pengobatan, pohon serta buah mahkota dewa pun populer sebagai tanaman obat. 

Kenyataannya, buah mahkota dewa memang memiliki kandungan aneka senyawa yang bermanfaat dalam hal kesehatan. Misalnya, mahkota dewa mengandung alkaloid yang bersifat detoksifikasi, sehingga dapat menetralisir racun dalam tubuh.

Selain alkaloid, mahkota dewa juga mengandung zat saponin yang bermanfaat sebagai antivirus dan antibakteri, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula darah, dan mengurangi penggumpalan darah.

Kemudian, kandungan flavonoid dalam buah mahkota dewa bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh serta mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, mengurangi kandungan kolesterol serta mengurangi penumbunan lemak pada dinding pembuluh darah, mengurangi kadar risiko penyakit jantung koroner, membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan, dan lain-lain. 

Sementara kandungan polifenol dalam buah mahkota dewa dapat berperan sebagai antihistamin atau antialergi.

Berikut ini uraian lebih lengkap mengenai aneka manfaat buah mahkota dewa dalam menunjang kesehatan.

Menetralisir racun dalam tubuh

Tanpa disadari, tubuh kita menyerap berbagai jenis racun, termasuk dari makanan dan minuman, khususnya yang menggunakan bahan tambahan. Organ tubuh seperti ginjal dan hati berfungsi menetralisir racun yang terdapat dalam tubuh. 

Namun, racun yang telanjur menumpuk tidak bisa keluar semua dari tubuh. Untuk masalah semacam itu, kita bisa memanfaatkan mahkota dewa, karena buah ini mengandung alkaloid yang memiliki kemampuan dalam menetralisir racun dalam tubuh.

Melawan infeksi virus dan bakteri

Virus atau bakteri dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi, juga dari udara atau sumber lain. Setelah menginfeksi, bakteri dan virus bisa menjadi masalah bagi kesehatan tubuh. 

Beberapa jenis penyakit yang dapat tumbuh akibat virus dan bakteri di antaranya adalah tifus, kolera, TBC, dan lain-lain. Dalam hal ini, mahkota dewa memiliki kandungan zat saponin yang dapat menangkal infeksi virus dan bakteri.

Menjaga sistem kekebalan tubuh

Tubuh membutuhkan sistem kekebalan atau imunitas, terutama untuk mempertahankan tubuh dari serangan penyakit, sehingga tidak mudah sakit. Namun, karena berbagai penyebab, misalnya karena kelelahan, sistem kekebalan tubuh kadang mengalami masalah, dan akibatnya tubuh kita rentan terserang penyakit. 

Dalam hal ini, kandungan saponin yang dimiliki buah mahkota dewa dapat mengembalikan sistem imun atau menjaga kekebalan tubuh. Bahkan, rutin mengonsumsi buah mahkota dewa dapat menjaga kesehatan secara menyeluruh.

Menurunkan risiko diabates

Diabetes terjadi, salah satunya karena tubuh tidak mampu memproduksi insulin sebagai hormon yang mengatur persediaan kadar gula dalam darah untuk menjadi energi. 

Atau, bisa jadi pula, tubuh mengalami resistensi insulin, sehingga insulin diproduksi berlebihan atau malah kekurangan, dan tubuh tidak memiliki respons yang baik terhadap kadar gula darah. Zat saponin yang terdapat dalam buah mahkota dewa dapat membantu tubuh dalam mengelola kadar gula dalam darah.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan (Bagian 2)

Related

Health 7577797565219891661

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item