Berjalan-jalan di Hutan Ternyata Sangat Baik untuk Kesehatan (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Berjalan-jalan di Hutan Ternyata Sangat Baik untuk Kesehatan - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Dalam analisis terkait penglihatan (visual), subjek yang dites ditunjukkan dua pemandangan berbeda dalam layar, sementara denyut nadi dan tekanan darahnya dipantau—dengan sebuah layar abu-abu dipakai untuk pengontrol. Sebuah foto pohon sakura yang sedang memekarkan bunganya ditunjukkan, diikuti dengan foto orang-orang yang sedang berjalan di hutan alias sedang melakoni Shinrin-yoku. 

Hasilnya menunjukkan foto sakura mekar mampu menstimulasi, baik denyut nadi maupun tekanan darah. Peneliti berspekulasi bahwa hal ini muncul akibat kegembiraan melihat bunga mekar. Di sisi lain, gambar orang-orang yang sedang mandi pohon mampu menurunkan tekanan darah, jika dibandingkan saat subjek penelitian melihat foto bunga sakura dan gambar pengontrol. 

Analisis suara mengukur aktivitas otak dan tekanan darah, sementara subjek diperdengarkan mesin turbin dan aliran air. Suara mesin turbin membuat tekanan darah naik, sementara suara aliran air tak menimbulkan efek apapun. Dalam kesimpulannya, aliran air terbukti secara ilmiah menenangkan seseorang yang mendengarnya. 

Analisis bau dilakukan dengan cara menguji tiga bau yang berbeda, yang bisa ditemukan di Jepang. Asumsinya adalah bau yang diasosiasikan dengan pohon atau hutan akan menstimulasi perubahan fisiologi. Sampel pertama adalah pohon Cedar Jepang (Cryptomeria japonica) dengan hasil mampu menurunkan tekanan darah dan aktivitas di korteks prefrontal otak. 

Kedua memakai minyak Pohon Hiba yang biasa dipakai untuk mengobati kecemasan dan depresi. Hasilnya ternyata mampu menstimulasi sistem gugup. Sementara sampel ketiga memakai Pohon Cemara Taiwan yang terbukti mampu meningkatkan produktivitas dan konsentrasi.

Terakhir adalah analisis sentuhan, di mana subjek penelitian diberi plat metal bersuhu ruangan, kayu oak yang dingin, dan sebuah lempengan pohon oak yang dilapisi cat. Plat metal dan kayu oak yang dilapisi cat ternyata meningkatkan perasaan tak enak dan tekanan darah, sementara kayu oak alami yang dingin memberi perasaan yang menyenangkan. Kesimpulannya yakni persentuhan kayu dan kulit memberi sensasi yang menyenangkan bagi manusia. 

Peneliti asal Cina yang bergelar profesor di Nippon Medical School, Tokyo, Qing Li, tercatat pernah meneliti aktivitas sel pembunuh alamiah (natural killer/NK) manusia dalam sistem kekebalan tubuh, sebelum dan sesudah dipapar kayu. Sel ini bereaksi cukup responsif untuk mengaktifkan sel pencegah penyakit, dan disimpulkan bahwa sentuhan dengan kayu membuat sistem kekebalan tubuh manusia menjadi kuat. 

Pada 2009, Li pernah menelusuri lebih lanjut apakah temuannya benar-benar memiliki manfaat positif bagi penyembuhan pasien. Ia pun melakukan pengawasan pada subjek penelitian lamanya, saat mereka diminta melakukan kunjungan ke hutan selama seminggu sekali. Hasilnya menunjukkan bahwa ada peningkatan sistem kekebalan tubuh dari para subjek usai kembali dari hutan, demikian laporan Quartz Media. 

Pada intinya, dari berbagai penelitian sejak 2004-2009, ditemukan hasil bahwa mandi hutan memiliki efek positif antara lain menurunkan level denyut jantung dan tekanan darah, mengurangi produksi hormon yang menyebabkan stres, kecemasan dan depresi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempertajam seluruh jenis perasaan dan kepekaan indra, dan mengembalikan vitalitas mental dan pikiran terutama bagi warga perkotaan. 

Mandi hutan sejak dua tahun lalu juga mulai populer di Amerika Serikat. Kemunculannya mendapat sambutan hangat sebagaimana 30 tahun silam masyarakat AS menyambut yoga. Barangkali aktivitas sejenis sudah pernah kita lakukan tapi belum menyadarinya. Sehingga setelah ini bisa lebih meresapi lagi manfaat positif mandi hutan dan bisa memetik manfaatnya lebih jauh. 

Related

Science 621423352333327910

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item