Ini 5 Asupan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru


Naviri Magazine - Menjaga kesehatan paru-paru merupakan salah satu hal yang penting untuk kesejahteraan tubuh. Namun sayangnya, berbagai faktor dapat menyebabkan kesehatan paru-paru tergganggu.

Mulai dari polusi, debu, hingga paparan asap rokok bisa mengganggu kesehatan paru-paru. Dan berikut ini adalah makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru:
 
1. Tomat

Tomat dan produk tomat lainnya menjadi salah satu sumber makanan terkaya likopen, antioksidan karotenoid yang telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan paru-paru. Mengonsumsi produk tomat telah terbukti mengurangi peradangan saluran napas pada penderita asma dan meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita PPOK.
 
2. Blueberry

Blueberry sarat dengan nutrisi, dan konsumsinya telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk melindungi dan melestarikan fungsi paru-paru. 

Blueberry merupakan sumber yang kaya antosianin, termasuk malvidin, cyanidin, peonidin, delphinidin, dan petunidin. Antosianin adalah pigmen kuat yang telah terbukti melindungi jaringan paru-paru dari kerusakan oksidatif.
 
3. Teh hijau

Teh hijau adalah minuman yang memiliki efek mengesankan pada kesehatan. Epigallocatechin gallate (EGCG) adalah katekin yang terkonsentrasi dalam teh hijau. Minuman ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi dan telah terbukti menghambat fibrosis atau jaringan parut.

Fibrosis paru adalah penyakit yang ditandai dengan jaringan parut progresif yang mengganggu fungsi paru-paru. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa EGCG dapat membantu mengobati penyakit ini.
 
4. Kubis merah

Kubis merah adalah sumber aantosianin yang terjangkau dan kaya nutrisi. Asupan antosianin telah dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru. Terlebih lagi, kubis dikemas dengan serat.

Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak serat memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik, daripada mereka yang mengonsumsi serat dalam jumlah rendah.
 
5. Minyak zaitun

Mengonsumsi minyak zaitun dapat membantu melindungi kita terhadap kondisi pernapasan seperti asma. Minyak zaitun adalah sumber terkonsentrasi antioksidan anti-inflamasi, termasuk polifenol dan vitamin E, yang bertanggung jawab atas manfaat kesehatannya yang kuat.

Sebagai contoh, sebuah penelitian yang melibatkan 871 orang menemukan bahwa mereka yang memiliki asupan minyak zaitun tinggi memiliki risiko asma yang lebih rendah.

Related

Health 930575416829652666

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item