Mengapa Tanggal Peringatan Earth Hour Berbeda Setiap Tahun? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Earth Hour adalah gerakan yang bertujuan untuk melestarikan bumi, yang secara simbolis ditunjukkan dengan cara mematikan lampu atau listrik selama 60 menit pada hari yang telah ditentukan. 

Terkait hal tersebut, hari atau tanggalnya bisa berbeda setiap tahun, karena pelaksanaan Earth Hour tidak ditetapkan pada satu tanggal yang pasti, melainkan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahun. Karenanya, hari/tanggal pelaksanaan Earth Hour tahun ini bisa berbeda dengan tahun kemarin, dan kemarinnya lagi. 

Tentang Earth Hour

Earth Hour adalah event global dari WWF (World Wildlife Fund) yang secara inisiatif melihat perubahan iklim saat ini. Event ini bertujuan untuk menciptakan kesadaran orang yang memakai listrik, dan juga bertanggung jawab terhadap masa depan yang berkelanjutan dengan cara mematikan lampu/listrik. Earth Hour berbeda dengan Hari Bumi.

Apa yang orang lakukan?

Jutaan orang mematikan lampu untuk berpartisipasi dan mendukung Earth Hour pada 8.30 pm (20:30) dalam waktu lokal mereka, pada Sabtu terakhir bulan Maret. Bangunan ikonik dan landmark dari Eropa, Asia, sampai Amerika, sengaja mematikan lampu dan merayakan kegelapan selama satu Jam. 

Bahkan ada beberapa kelompok orang menikmati Earth Hour dengan makan malam hanya dengan penerangan lilin. Sementara yang lain merayakan peristiwa ini, baik dalam kegelapan atau dengan lilin, untuk merayakan Earth Hour.

Pusat Bisnis dan badan organisasi pemerintah, serta masyarakat dan pemimpin politik, juga mengambil bagian dalam Earth Hour. Semua orang berhak memberikan suara atau berpartisipasi untuk masa depan planet ini, dan bekerja sama untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan, dengan cara menekan karbon untuk planet bumi.

Latar Belakang

Earth Hour dimulai di Sydney, Australia, tahun 2007. Acara ini didukung oleh 2,2 juta rumah tangga, dan mereka mendukung dengan mematikan lampu selama satu jam, sebagai cara melawan perubahan iklim saat ini (Global Warming). 

Earth Hour telah menjadi gerakan dengan skala global, lebih dari 50 juta orang di 35 negara yang berpartisipasi pada tahun 2008. Landmark tersohor seperti Sydney Harbour Bridge, CN Tower di Toronto, Golden Gate Bridge di San Francisco, dan Colosseum Roma, semua berdiri dalam kegelapan untuk Earth Hour. Pada Maret 2009, ratusan juta orang ambil bagian dalam Earth Hour untuk ketiga kalinya.

WWF, yang menyelenggarakan acara Earth Hour secara tahunan, bertujuan menghentikan degradasi lingkungan alam bumi. Hal ini juga berfokus pada membangun masa depan, di mana manusia hidup selaras dengan alam. Organisasi ini berhasil menjaring lebih dari 90 kantor di lebih dari 40 negara di seluruh dunia. Kantor pertama didirikan di Morges, Swiss, pada 11 September 1961.

Related

Science 459247167679786473

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item