Mengenal Aneka Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan (Bagian 2)


Naviri Magazine - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Mengenal Aneka Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Sebagai antibiotik

Antibiotik merupakan senyawa yang membantu menghentikan pertumbuhan virus serta bakteri yang dapat mengganggu kesehatan. Buah lontar mengandung enzim yang diketahui mampu berperan sebagai antibiotik bagi tubuh.

Mengatasi stres

Penelitian menemukan bahwa vitamin C mampu menaikkan mood pasien rawat inap di rumah sakit. Dengan kata lain, asupan vitamin C mampu meredakan atau menurunkan tingkat stres. Buah lontar memiliki kandungan vitamin C yang memberi manfaat tersebut. 

Selain mengatasi stres, vitamin C dalam buah lontar juga memiliki peran sebagai antioksidan yang membantu melawan radikal bebas atau senyawa yang berbahaya bagi kesehatan.

Baik untuk kesehatan ginjal

Dalam tubuh manusia, ginjal memiliki peran dalam proses ekskresi, mengatur volume cairan dalam tubuh, mengatur hormon, dan ekskresi sisa-sisa metabolisme. Terkait hal ini, kandungan fosfor dalam buah lontar membantu menjaga kesehatan ginjal dengan membantu proses urinasi atau proses buang air kecil.

Menambah daya bagi otak

Salah satu sumber energi bagi tubuh kita adalah gula, sementara energi yang dibutuhkan otak adalah gula dalam bentuk glukosa. Dalam buah lontar terkandung gula sukrosa dan glukosa yang dapat menjadi sumber energi otak kita.

Sebagai antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat mencegah atau memperlambat oksidasi dalam tubuh. Vitamin C dalam buah lontar dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita. Selain itu, vitamin B1 dalam buah lontar juga dapat menjadi antioksidan yang membantu menjaga sel dalam tubuh kita dari kerusakan atau penuaan.

Sumber karbohidrat

Buah lontar memiliki kandungan karbohidrat, sukrosa, glukosa, serta air, namun sedikit lemak. Di dalam tubuh, karbohidrat serta glukosa akan dipecah oleh metabolisme untuk menjadi sumber energi. 

Karena sumber karbohidrat dalam buah lontar rendah lemak, buah ini pun bisa dikonsumsi oleh ibu hamil sesekali, untuk memperoleh manfaatnya dalam menambah energi.

Mempertajam pendengaran

Pendengaran bisa terganggu atau berkurang, karena faktor usia atau karena hal lain. Buah lontar dapat dimanfaatkan untuk mengatasi hal itu. Caranya, siapkan 10 buah lontatr, dan iris-irislah kecil-kecil. 

Masukkan ke panci, dan didihkan. Setelah mendidih, tambahkan sedikit garam dan gula aren secukupnya, untuk memberi rasa manis. Setelah didinginkan, minum rebusan tersebut 3 kali sehari.

Manfaat lain

Sebagaimana yang disebut di atas, manfaat lontar bukan hanya buahnya, namun juga pada akar dan bunganya. Bunga lontar (disebut abu mayang) dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan sakit lever. Sementara akar pohon lontar dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan masalah pernapasan, cacingan, dan melancarkan air seni.

Catatan:

Buah lontar sangat mudah teroksidasi. Karena itu, setelah Anda membuka (mengupas) buah lontar, sebaiknya segera dikonsumsi. Begitu pun, jika Anda ingin menyimpan buah lontar hingga cukup lama, sebaiknya disimpan dalam keadaan utuh masih terbungkus kulit luarnya yang berserat, dan simpan di lemari es. Hal itu akan menjadikan buah lontar dapat disimpan hingga tiga hari.

Sedangkan jika Anda ingin menyimpan nira lontar, sebaiknya jangan lebih dari dua hari. Karena, setelah dua hari, nira lontar akan berubah sifat menjadi alkohol atau tuak.

Related

Health 1479720663998430662

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item