Mengenal dan Mewaspadai Efek Samping Albothyl yang Jarang Diketahui


Naviri Magazine - Albothyl ditarik BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dari peredaran, dan izin edarnya dicabut. Sebelumnya, Albothyl dikenal sebagai obat sariawan, bahkan telah beredar hingga lebih dari 30 tahun. Banyak orang di Indonesia yang menggunakan Albothyl untuk mengatasi sariawan mereka. 

Namun, belakangan, Albothyl dinyatakan berbahaya, sehingga orang disarankan untuk tidak lagi menggunakan Albothyl, termasuk untuk mengatasi sariawan.

Dalam Albothyl terdapat policresulen yang sangat berisiko atau berbahaya, jika digunakan tanpa pengenceran terlebih dahulu. Karena itu, obat ini tidak lagi direkomendasikan bagi penggunaanya untuk indikasi pada bedah, kulit, THT, sariawan, dan gigi. 

Bila Albothyl masih digunakan, akan ada beberapa efek samping yang belum banyak diketahui, seperti:

Efek vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah perifer

Bahaya penggunaan Albothyl untuk sariawan adalah efek vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah perifer (tepi) pada daerah sariawan. Hal tersebut menyebabkan suplai darah pada daerah sariawan terhenti, dan membuat jaringan sariawan menjadi mati, sehingga rasa perih pada sariawan sesaat hilang.

Deskuamasi jaringan atau pengelupasan kulit

Efek ini terlihat pada penggunaan policresulen dengan cara dikumur. Sesaat setelah dikumur, akan terlihat terjadinya kulit mulut yang terkelupas.

Penyebab infeksi 

Di antara efek samping serius yaitu sariawan yang membesar dan berlubang, hingga menyebabkan infeksi.

Sariawan justru bertambah parah 

Pada penggunaan Albothyl, sariawan seolah memang sembuh, tapi risiko lainnya yang bisa ditimbulkan seperti sariawan bertambah besar dan sakit.

Bagi masyarakat yang terbiasa menggunakan Albothyl, untuk mengatasi sariawan bisa beralih dengan menggunakan obat pilihan lain yang mengandung benzydamine HCl, povidone iodine 1%, atau kombinasi dequalinium chloride, dan vitamin C. 

Related

Health 1237919069644093009

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item