Asal Usul Bisnis P&G Ternyata Dimulai Seorang Pembuat Lilin dan Pembuat Sabun


Naviri Magazine - Procter and Gamble, atau yang juga dikenal sebagai P&G, didirikan pada 1837 oleh pembuat lilin, William Procter, dan pembuat sabun, James Gamble. Selama perang saudara Amerika, perusahaan ini memenangkan kontrak untuk memasok sabun dan lilin ke Union Army.

Pada saat itu, produk utama perusahaan ini adalah lilin, sedangkan sabun menjadi bisnis sampingan. Pengenalan sabun pada 1879 mulai menggeser fokus perusahaan ke produk perawatan pribadi dan kebersihan, karena dengan cepat menjadi produk terlaris perusahaan. 

P&G juga mulai mendiversifikasi produknya, seperti membuat Crisco, yaitu shortening dari minyak nabati sebagai pengganti lemak hewani.

Beberapa dekade kemudian, P&G memperkenalkan berbagai produk dan merek untuk rumah tangga, seperti detergen, sampo, pasta gigi, tisu toilet, pelembut kain, dan popok sekali pakai. Hingga saat ini, merek tersebut identik dengan berbagai macam produk pembersih, perawatan pribadi, dan produk kebersihan dengan merek terkenal.

Related

Business 1967033447384951900

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item