Hati-hati, Ini 5 Dampak Buruk Kalau Sikap Blak-blakanmu Tidak Dikontrol


Naviri Magazine - Sebagian orang memang ada yang lebih suka dengan orang yang blak-blakan dibanding yang pendiam, alasannya karena orang yang blak-blakan lebih apa adanya dan tidak menyembunyikan apa-apa. 

Akan tetapi kalau terlalu blak-blakan malahan gak bagus, kan? Apalagi kalau sikap blak-blakanmu tidak dikontrol, bisa-bisa malah melakukan kesalahan yang tanpa disadari malah menyakiti orang lain.

Maka dari itulah, meskipun ada yang suka tipe orang sepertimu, namun tetap harus hati-hati, terutama pada beberapa akibat yang bisa ditimbulkan jika tidak mengontrolnya. Yuk simak pembahasan lebih jelasnya di bawah ini.

1. Gak sadar telah membongkar aib sendiri ketika ngobrol 

Akibatnya yang pertama ini bisa dibilang fatal untuk dirimu sendiri, yang mana kalau sikap blak-blakanmu gak dikontrol malah bisa membongkar aib sendiri tanpa disengaja. 

Misalnya sedang ngobrol dengan orang lain, lalu ketika dipancing dan ditanya tentang hal pribadi malah tak sengaja menjawabnya terlampau jujur, sehingga aib yang tadinya mesti dijaga malah kamu bongkar sendiri. 

Di satu sisi memang memperlihatkan kejujuran, namun di sisi lain malah buruk bagi dirimu sendiri karena orang-orang jadi tahu aibmu.

2. Orang-orang jadi jaga jarak denganmu 

Orang-orang bisa saja malah jaga jarak denganmu kalau kamu tidak mengontrol sikap blak-blakanmu, lho. Karena kalau sudah terbiasa blak-blakan tentunya kamu jadi cenderung bersikap spontan, kan. Baik saat bicara ataupun bersikap pada orang lain, dan inilah yang membuat orang-orang jadi jaga jarak darimu.

Sikap dan bicara yang terlalu spontan terkadang malah menyinggung dan tidak tepat, akibatnya muncul perasaan tidak nyaman meskipun mungkin kamu sendiri tidak bermaksud seperti itu.

Blak-blakan memang menunjukkan kejujuran dan apa adanya, akan tetapi kalau tidak mengontrol sisi blak-blakan dalam dirimu justru akibatnya bisa bahaya. Yang mana kamu bisa saja tanpa sengaja malah membocorkan rahasia orang, karena itu tadi, kamu terlalu blak-blakan dan tidak bisa mengendalikannya. 

Kalau tidak segera diatasi bisa-bisa kepercayaan orang padamu bisa menurun, jadi berhati-hatilah mulai sekarang, ya.

4. Dianggap sebagai orang yang kasar dan tak peka 

Blak-blakan itu ada sisi buruknya, yang mana jika tidak bisa mengendalikannya maka bisa-bisa sikap blak-blakanmu itu dianggap sebagai sesuatu yang kasar oleh orang lain. Selain kasar, kamu juga jadi kurang peka terhadap sekitar. Mengatakan apa yang ingin kamu katakan dan bersikap secara spontan, hal seperti ini bisa membuat pembawaan dirimu dinilai buruk. 

Dampaknya, skill sosialmu jadi rendah dan membahayakan terutama di tempat kerja yang jika salah-salah sikap bisa fatal untuk karier.

5. Merusak hubungan baikmu sendiri dengan orang-orang terdekat 

Akibatnya yang terakhir jika tidak mengontrol sikap blak-blakanmu ialah, hubungan baik yang kamu bangun dengan orang terdekat malah bisa jadi rusak. Entah itu dikarenakan kata-kata yang terlalu bebas akibat kamu yang blak-blakan, atau sikap terlalu to the point yang bisa menyinggung perasaan mereka tanpa kamu sadari. 

Perlahan-lahan mereka bisa menjauh darimu, dan rasanya pasti sedih kalau dirimu sendiri yang membuat mereka jadi tidak mau dekat denganmu lagi.

Kesimpulannya, cobalah kontrol sisi blak-blakan di dirimu mulai sekarang, ya. Karena seperti yang dilihat, akibatnya bisa berbahaya dan sangat buruk seperti lima poin yang dibahas tadi.

Related

Tips 2646336746472355396

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item