Jaga Citra Baikmu, Simak 7 Tips Ini untuk Memelihara Integritas Diri!


Naviri Magazine - Citra diri sangatlah penting, tidak hanya di bidang profesional, tapi juga pada sisi kehidupan pribadi. Orang yang memiliki citra diri baik, akan lebih mudah diterima dalam pergaulan, dan lebih dipercaya di dunia bisnis, dibanding orang yang citra dirinya dipertanyakan.

Untuk menjaga citra dirimu tetap baik, tentu perlu memelihara integritas diri. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan. 

1. Memilah dengan siapa kamu bergaul

Bergaul dengan pandai besi, kamu bisa terciprat panasnya. Berteman dengan tukang parfum, kamu bisa terikut baunya. Dengan siapa kamu bergaul, bisa memengaruhi bagaimana kamu bersikap.

Sering berdekatan dengan orang yang tak punya integritas, kamu bisa tertular untuk berlaku sama. Awalnya merasa risi dengan praktik kotor di sekitarmu, lama-lama karena terbiasa, jadi merasa nyaman, dan ikut-ikutan. Jangan sampai!

2. Miliki kemauan untuk terus belajar

Pengetahuan akan terus berkembang. Kendati saat ini dirimu sudah ahli dalam bidang yang telah digeluti, tapi kalau kamu sudah merasa puas diri, dan gak mau terus update dengan perkembangan ilmu terkini, lama-lama kamu jadi ketinggalan.

Ketika itu terjadi, kamu tak lagi dipandang orang yang mumpuni di bidang yang selama ini kamu tekuni. Karena sudah banyak orang lain yang menggantikan posisimu. Karena itu, semahir apa pun kamu, jangan pernah berhenti untuk upgrade diri, ya!

3. Selalu bertanggung jawab

Orang yang bertanggung jawab, gak akan sembarang memandang jabatan atau posisi. Ia menyadari, bahwa itu semua adalah amanah yang mesti diemban. Maka dari itu, pengerjaannya pun profesional dan maksimal.

Hal itulah yang semakin mengkukuhkan integritasmu. Orang yakin, bahwa kamu bukan tipe yang mengerjakan sesuatu sembarangan.

4. Memiliki ketegasan

Orang yang berintegritas, tak ragu untuk menolak atau mengatakan tidak. Justru ketegasan yang kamu perlihatkan, membuat orang jadi makin respek, karena kamu dianggap punya prinsip.

Kamu tak peduli, jika harus menghadapi kerugian akibat mempertahankan prinsipmu itu. Dikucilkan, dihambat untuk naik jabatan, dan sebagainya. Bagimu, tak ada jabatan yang sepadan, jika harus dibayar dengan hati nurani atau prinsip diri.

5. Berani jujur

Di zaman di mana banyak orang egois dan oportunis, jujur adalah kualitas langka dan sangat dicari. Memang gak mudah untuk mempertahankan sikap jujur, tapi bukannya tak mungkin.

Selalu latih dirimu, di situasi apa pun untuk selalu jujur. Karena kalau mulai sedikit saja berbohong, rusak sudah pertahanan dirimu. Di kemudian hari, kamu jadi lebih mudah memaklumkan diri untuk bohong. Sampai akhirnya, integritasmu hancur sepenuhnya.

6. Tepat waktu

Meski lingkungan di sekitarmu tukang ngaret, kamu jangan ikut-ikutan sesat. Pertahankan untuk selalu datang tepat waktu, dan memenuhi janji yang sudah kamu ucapkan.

Dari situlah orang bisa menilai bagaimana kualitas karakter yang dimiliki. Dan orang akan salut, karena kamu dari dulu gak berubah, selalu tepat!

7. Mendekatkan diri pada Tuhan

Punya rencana sebagus apa pun, kalau Tuhan tak menghendaki, bakal sulit terlaksana. Minta bantuan Tuhan supaya kamu selalu mampu menjaga citra baikmu, tanpa perlu tipu-tipu. Karena hal itu bukanlah perkara mudah.

Dengan selalu mendekatkan diri pada Tuhan, sekaligus jadi pengingat diri, untuk selalu memilih jalur yang benar. Bukan jalur kaliru yang merugikan diri sendiri, juga orang lain.

Lakukan hal-hal di atas tadi, untuk memastikan dirimu memiliki citra diri yang baik, yakni dikenal sebagai orang yang memiliki integritas. Tanpa perlu mengeluarkan muslihat, kamu akan dihormati banyak orang!

Related

Tips 2906478359407981500

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item