Jangan Asal Pilih, Ini Cara Memilih Telur Asin yang Berkualitas


Naviri Magazine - Telur asin menjadi salah satu makanan yang cukup terkenal di masyarakat Indonesia. Telur asin dapat dikreasikan menjadi berbagai hidangan. Untuk mengolahnya, diperlukan telur asin yang bagus agar hidangannya menjadi enak. Namun, memilih telur asin berkualitas tidaklah gampang.

Memilih telur asin hanya bisa dilakukan melalui kulit telur dan cangkangnya. Jika tidak hati-hati, seseorang bisa saja mendapatkan telur asin yang tidak bagus dan rasanya kurang masir. Berikut cara memilih telur asin yang berkualitas:

1. Amati kulitnya

Telur asin yang bagus umumnya memiliki kulit berwarna biru muda dan tidak kusam. Sementara telur asin yang kurang baik warna cangkangnya cenderung kusam dan tampak berbintik. Selain itu, pastikan untuk memilih telur asin yang mulus dan tidak retak.

2. Pilih yang agak berat

Jika membeli telur asin yang masih mentah atau belum direbus, sebaiknya pilih yang berat. Hal ini merupakan tanda bahwa telur asin tersebut masih baru. Telur asin yang bagus adalah telur yang masih berusia 10 hari dalam suhu ruangan.

3. Belah telur asin

Telur asin yang bagus memiliki kuning telur yang berada tepat di bagian tengahnya. Warna kuning telurnya tampak oranye terang dan tidak kusam. Selain itu, tekstur kuningnya juga terasa lembut dan asin. Aromanya pun tidak amis atau bau.

Related

Tips 5601081127072321841

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item