Mengapa Mark Zuckerberg Selalu Memakai Kaus yang Sama? Jawabannya Tak Terduga


Naviri Magazine - Apakah kita pernah melihat Mark Zuckerberg mengenakan kaus berwarna merah, hijau, biru, atau kuning? Kemungkinan besar tidak. Kapan pun kita melihat Mark Zuckerberg dalam foto atau dalam video, kita selalu menyaksikan dia mengenakan kaus berwarna abu-abu, yang biasanya dipadupadankan dengan celana jeans dan sepatu sneakers.

Sebagian orang mungkin mengira kalau Mark Zuckerberg tidak pernah ganti kaus, atau setiap hari mengenakan kaus yang sama. Sebenarnya, Mark Zuckerberg punya banyak kaus, namun semua warnanya abu-abu, sehingga setiap hari dia terlihat mengenakan kaus serupa.

Zuckerberg pernah mengatakan bahwa kebiasaannya mengenakan baju yang sama setiap hari telah membuat hidupnya lebih baik dan meningkatkan kinerjanya.

"Saya tidak ingin membuat terlalu banyak keputusan, karena dalam pekerjaan saya telah banyak dihadapkan pada pengambilan keputusan. Saya sangat beruntung bisa memberikan servis kepada miliaran orang di dunia. Jadi, saya tidak ingin hal kecil merusaknya. Memilih baju yang berbeda setiap hari bisa sangat melelahkan, saya tidak ingin menghabiskan energi untuk hal seperti itu," urai Zuckerberg, seperti dilansir GQ.

Pilihan Zuckerberg untuk mengurangi pilihan agar tidak banyak mengambil keputusan ini merupakan salah satu kebiasaan kebanyakan jenius yang berkutat dalam bidang teknis dan analisis.

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh jurnal Psychologicaland Personality Science, mengungkapkan, lama waktu yang dibutuhkan untuk memilih baju bisa memengaruhi kinerja dan nilai akademis seseorang.

Pada studi ini kelompok peneliti melakukan lima eksperimen terhadap 60 responden mahasiswa lanjutan di Amerika Serikat.

Seluruh responden diminta untuk menilai penampilan mereka sendiri, dan setelahnya harus menjawab pertanyaan.

Pertanyaan yang diajukan memiliki dua jenis jawaban, abstrak dan konkret. Keduanya tidak ada yang salah, tetapi bisa menunjukkan karakter dan cara berpikir responden.

Hasilnya, para responden yang berpenampilan baik, kebanyakan memilih jawaban abstrak. Peneliti menggambarkan bahwa mereka memiliki karakter diri yang berpikir secara umum.

Kemudian, responden yang menilai penampilan mereka lebih santai karena hanya mengenakan kaus, celana training, dan sepatu olahraga, memilih jawaban konkret. Peneliti menilai mereka berpikir secara detil dan konseptual. 

Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa responden yang tidak terlalu memikirkan penampilan dan pilihan baju mereka, mendapatkan nilai matematika yang lebih tinggi, cerdas mempelajari sains, dan teknik.

Related

Figures 4124097340060918090

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item