Mengenal Aneka Manfaat Buah Maja untuk Kesehatan (Bagian 2)


Naviri Magazine - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Mengenal Aneka Manfaat Buah Maja untuk Kesehatan - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dalam buah maja memiliki manfaat dalam membantu melancarkan peredaran darah, sehingga kulit lebih sehat dan lebih segar. Vitamin C juga memiliki peran dalam merangsang pembentukan kolagen kulit, yang berfungsi dalam menjaga elastisitas kulit, serta menjaga kulit dari kerusakan yang disebabkan sinar matahari dan radikal bebas.

Melancarkan pencernaan

Kandungan serat alami dalam buah maja dapat membantu melancarkan pencernaan, serta mengatasi masalah seperti diare dan sembelit. Untuk mendapat manfaat ini, Anda bisa memakannya secara langsung sebagai buah segar, maupun menjadikannya sebagai jus.

Mengatasi demam

Merebus buah maja dalam air, dan meminum airnya selagi hangat, dapat membantu mengatasi demam, khususnya demam yang baru terjadi atau demam yang ringan. Bisa pula, air rebusan buah maja menjadi pertolongan pertama untuk demam, sebelum mendapat pertolongan lebih lanjut.

Meredakan bengkak pada lambung

Mengatasi pembengkakan pada lambung bisa dengan memanfaatkan akar pohon maja. Caranya, ambil akar maja secukupnya, bersihkan, lalu seduh dengan segelas air hangat. Kemudian diminum secara teratur.

Mengatasi jantung berdebar

Jantung bisa berdebar sangat keras, di luar normal, dengan berbagai penyebab. Anda juga bisa mengatasi masalah tersebut dengan meminum air rebusan kulit akar maja. Caranya, ambil kulit akar pohon maja sebanyak 4 gram, kemudian rebus dalam air 100 ml, dan minum sehari sekali.

Manfaat lain

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, bagian-bagian pohon maja masih memiliki manfaat lain, berikut ini di antaranya:

Buah, akar, dan daun maja, memiliki manfaat sebagai antibiotik.

Akar, daun, dan ranting pohon maja, bermanfaat sebagai obat ketika digigit serangga atau hewan berbisa.

Kulit batang pohon maja dan akarnya, dapat digunakan untuk mengatasi gangguan jantung. 

Daun maja bisa mengatasi borok, kudis, bisul, dan radang selaput lendir pada hidung.

Catatan:

Selain memiliki manfaat, sebagaimana yang disebut di atas, buah maja dan bagian lain pohon maja juga memiliki efek yang cukup berbahaya. Daun maja, misalnya, dapat menyebabkan keguguran jika dimakan. Sementara ranting pohon maja dapat memberi efek racun pada ikan. Karenanya, diperlukan kehati-hatian dalam menggunakan buah maja, atau bagian lain dari pohonnya.

Related

Health 2937772153400936021

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item