Mengenal Teori Terakhir Stephen Hawking Sebelum Meninggal Dunia


Naviri Magazine - Big Bang atau Ledakan Besar adalah salah satu teori fisika yang menjelaskan asal usul jagat raya. Stephen Hawking menyatakan bahwa jagat raya berasal dan bermula dari ledakan besar tersebut. Karena adanya teori itu, lalu muncul pertanyaan, “Apa yang terjadi sebelum Big Bang?”

Selama bertahun-tahun, jawaban untuk pertanyaan itu masih misteri, alias belum mendapat jawaban pasti. Namun, akhirnya, Stephen Hawking bisa memberikan jawabannya, tepat sebelum ia meninggal dunia. 

Stephen Hawking meninggal dunia di rumahnya di Cambridgshire, Inggris, Rabu, 14 Maret 2018. 

Sepuluh hari sebelum wafat, fisikawan terkemuka itu memiliki sebuah jawaban atas apa yang terjadi sebelum Big Bang. Saat Big Bang, semua materi di alam semesta terhampar menjadi titik materi yang sangat panas dan tak terbatas. Jawaban dari Hawking dia berikan dalam sebuah wawancara dengan rekan sejawatnya yang hampir sama terkenalnya, Neil deGrasse Tyson.

Hawking membahas gagasan ini dan yang lainnya di seri final acara TV "StarTalk" milik Tyson, yang ditayangkan Minggu, 4 Maret 2018. Jawaban Hawking untuk pertanyaan "Apa yang ada di sana sebelum Big Bang" bersandar pada teori yang dikenal sebagai "proposal tanpa batas".

"Kondisi batas alam semesta adalah tidak memiliki batas," kata Hawking kepada Tyson, menurut Popular Science. Untuk memahami teorinya dengan lebih baik, ambil remote universal Anda (yaitu remote yang mengendalikan alam semesta), dan tekan Rewind.

Seperti yang diketahui ilmuwan sekarang, alam semesta terus berkembang. Saat Anda bergerak mundur dalam waktu, maka alam semesta berkontraksi. Rewind cukup jauh (sekitar 13,8 miliar tahun), dan seluruh alam semesta menyusut seukuran satu atom tunggal, kata Hawking. 

Bola subatomik ini dikenal sebagai singularitas (jangan dikelirukan dengan singularitas teknologi di mana kecerdasan buatan akan menyalip manusia).

Di dalam titik api dan energi kecil yang sangat kecil dan padat ini, hukum fisika dan waktu berhenti berfungsi. Dengan kata lain, waktu yang kita pahami sama sekali tidak ada sebelum alam semesta mulai berkembang. Sebaliknya, panah waktu menyusut tak terbatas karena alam semesta menjadi lebih kecil dan lebih kecil, tidak pernah mencapai titik awal yang jelas.

Menurut TechTimes, Hawking mengatakan, selama pertunjukan, bahwa sebelum Big Bang, waktu telah ditekuk. "Itu mendekati nol, tetapi tidak menjadi nol," menurut artikel tersebut. Intinya, "tidak pernah ada Big Bang yang menghasilkan sesuatu dari nol. Itu dari sudut pandang manusia."

Dalam sebuah ceramah tentang proposal tanpa batas, Hawking menulis: "Peristiwa sebelum Big Bang tidak didefinisikan secara pasti, karena tidak mungkin seseorang mengukur apa yang terjadi pada saat itu. Karena peristiwa sebelum Big Bang tidak memiliki konsekuensi pengamatan, seseorang mungkin memotongnya dari teori itu, dan mengatakan bahwa waktu dimulai di Big Bang."

Ini bukan pertama kalinya Stephen Hawking membahas teori terkait Big Bang. Dia sebelumnya menyampaikan ceramah tentang topik tersebut dan membintangi sebuah film dokumenter gratis tentang hal itu, yang tersedia di YouTube.

Related

Science 6854882539201303214

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item