Mengenali Tanda-tanda Resesi Gingiva atau Gusi Turun


Naviri Magazine - Resesi gingiva adalah suatu kondisi ketika gusi merosot ke bawah dari permukaan gigi, sehingga memperlihatkan permukaan akar gigi, dan kemudian dikenal dengan istilah gigi turun. Kondisi ini adalah salah satu gejala dari penyakit gusi (periodontitis).

Gusi turun merupakan konsekuensi serius dari kesehatan mulut yang buruk, yang dapat menyebabkan kehilangan gigi. Ada berbagai pengobatan yang tersedia untuk mengatasi penyakit gusi dan mulut ini, bergantung pada tingkat keparahan hilangnya jaringan.

Semakin dini resesi gingiva pada pasien didiagnosis dan diobati, maka semakin baik pula hasilnya.

Seberapa umumkah kondisi ini?

Resesi gingiva adalah masalah yang umum pada orang dewasa di atas usia 40 tahun. Namun, kondisi ini juga dapat terjadi pada remaja yang berusia sekitar 10 tahun.

Gusi turun dapat diatasi dengan mengurangi faktor risikonya. Diskusikanlah dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda dan gejala

Tanda-tanda dan gejala umum dari gusi turun, meliputi:
  • Gusi berdarah setelah menyikat gigi atau flossing
  • Gusi bengkak dan memerah
  • Bau mulut tak sedap
  • Nyeri pada garis gusi
  • Gusi yang tampak turun/menyusut
  • Akar gigi yang terlihat
  • Gigi goyang

Kapan harus periksa ke dokter?

Diagnosis dan pengobatan dini dapat mencegah memburuknya kondisi gusi dan gigi yang diakibatkan resesi gingiva. Konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin untuk mencegah kondisi serius ini.

Jika Anda mengalami tanda atau gejala resesi gingiva yang disebutkan di atas, atau memiliki pertanyaan apa pun, segera konsultasikan dengan dokter. Tubuh setiap orang bereaksi dengan cara berbeda. Jadi, bisa saja gejala yang Anda alami dengan orang lain berbeda.

Sebaiknya Anda selalu mendiskusikan apa langkah penanganan yang tepat dan terbaik dengan dokter, sesuai dengan gejala yang dirasakan.

Related

Health 7634909154189705627

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item