Menguak Kekayaan Alam Luar Biasa di Benua Afrika: Dari Gas, Emas, hingga Berlian


Naviri Magazine - Kekayaan alam tersebar di mana-mana, tersimpan di kedalaman tanah. Kekayaan itu bisa berupa minyak, berlian, atau materi-materi lain yang berharga. Dalam hal ini, di antara benua yang lain, Benua Afrika adalah benua paling kaya di dunia, karena memiliki kandungan alam yang luar biasa. Benua yang menjadi tempat tinggal bagi 54 negara ini merupakan tambang berlian dan aneka kekayaan alam lain.

Sierra Leone dan Botswana, misalnya, terkenal dengan hasil tambang berlian. Nikel dan uranium yang berlimpah dapat ditemui di tanah Burundi, aluminium dan gas bisa ditemukan di Guinea dan Mozambique, lalu emas banyak terkandung di Burkina Faso dan Benin.

Lima dari 30 negara penghasil minyak terbesar di dunia juga ada di Afrika, dan 30 persen dari kandungan sumber daya mineral yang ada di muka bumi juga ditemukan di benua hitam ini. 

Di antara sederet negeri Afrika yang dikaruniai sumber daya alam berlimpah, Republik Demokratik Kongo sangat berpotensi menjadi negara terkaya di muka bumi.  

Sungai Kongo menyandang predikat berlapis: terpanjang kedua di Afrika setelah sungai Nil di Mesir, terbesar kedua di dunia setelah sungai Amazon, dan terdalam di dunia mencapai lebih dari 220 meter. Ditunjang iklim tropis dan tipikal hutan hujan lebat, rakyat Kongo seharusnya tidak kekurangan sumber air bersih dan segala aktivitas kehidupan dasar lainnya.

Selain diberkahi kesuburan, tanah Kongo juga mengandung banyak sekali kekayaan alam bernilai mahal. Emas dan koltan yang terkandung dalam komponen sirkuit elektronik telepon genggam dan komputer salah satunya berasal dari Kongo.

Produksi uranium Kongo juga tersohor, termasuk yang dipakai untuk meracik bom atom yang meluluhlantakkan Hiroshima dan Nagasaki, Jepang. Beberapa produk mineral lainnya seperti berlian, kobalt, koltan hingga minyak bumi, menambah kekayaan tanah yang dulunya bernama Zaire ini. 

Related

International 4425428047776285357

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item