Panduan Lengkap Menggunakan Google Ads dari A-Z untuk Pemula (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Panduan Lengkap Menggunakan Google Ads dari A-Z untuk Pemula - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

4. Keuntungan Menggunakan Google Adwords bagi Pengusaha

Ketika memasang iklan di Google, akan ada beberapa feedback yang akan didapat meskipun tidak secara langsung dan cepat. Kecepatan itu tergantung bagaimana Anda mengoptimalkan pencarian yang ada.

Berikut keuntungan menggunakan fitur Google Adwords bagi pengusaha pemula:

- Biaya Iklan Dapat Dimonitor

Sistem PPC yang digunakan Google Adwords memudahkan pemilik iklan untuk mengatur serta memonitor biaya iklan sesuai dengan budget. Sehingga Anda tak perlu khawatir biaya iklan membengkak.

- Menaikkan Omzet

Secara tidak langsung iklan yang telah dipasang di Google akan memunculkan banyak calon konsumen, meski tidak menjamin 100 persen keberhasilan usaha. Pasalnya, tingkat keberhasilan ini disesuaikan dengan pemilihan dan pengelolaan keywords atau kata kunci yang tepat. Kesesuaian budget juga sangat berpengaruh.

- Pilihan Format Iklan yang Tidak Monoton

Ada beragam jenis format iklan yang dapat dipilih, mulai dari teks, visual, dan audio. Namun ini tentu saja disesuaikan dengan budget yang ditawarkan.

- Target Konsumen yang Tepat Sasaran

Dengan teknik pencarian di Google yang bermain dengan olah kata kunci, maka calon konsumen juga akan terpetakan dengan baik. Orang yang ingin membeli sepatu maka mau tidak mau akan disajikan iklan jualan sepatu Anda.

- Reputasi Situs Jualan Meningkat Seiring dengan SEO Website

Optimalisasi SEO dengan pencarian kata kunci yang banyak dicari akan cepat terdeteksi di dalam indeks pencarian Google.

5. Kelemahan Fitur Google Adwords bagi Pengusaha

Meski dikatakan dapat memberikan feedback yang cukup baik, namun ada beberapa fitur Google Adwords yang tidak dapat mendukung 100 persen usaha Anda. Beberapa kelemahan ini perlu dipahami sebagai dasar pertimbangan mendaftarkan iklan.

- Tidak Selalu Mudah Menggaet Konsumen

Kelemahan ini perlu disikapi dengan baik. Pasalnya hal ini disebabkan oleh upaya Anda dalam menyesuaikan keywords. Kata kunci yang kurang optimal dapat menyebabkan sulitnya calon konsumen menemukan situs iklan.

- Fitur Adwords Premium Mahal

Jika berani bertaruh memasang iklan yang dipastikan muncul pada jejeran teratas pencarian Google sesuai keywords, maka Anda juga harus berani membayar dengan biaya tak murah dan upgrade menjadi Adwords Premium.

Langkah ini memang seperti berjudi. Jika produk Anda menarik baik dari segi kualitas dan harga, tentu saja akan menguntungkan. Namun jika sebaliknya, bisa-bisa Anda boncos karena tak balik modal.

- Keterangan Iklan Tidak Bisa Hilang

Jadi ketika iklan berhasil 'nangkring' di atas atau halaman pertama pencarian Google, maka orang lain akan melihat keberhasilan itu sebagai upaya Google Adwords, bukan berdasarkan hasil kerja keras Anda mengoptimalkan SEO secara mandiri.

Pasalnya secara gamblang iklan Anda tertulis dengan sisipan keterangan 'ads/iklan'.

Nah, beberapa poin yang telah disebutkan dapat digunakan para pelaku usaha pemula untuk memutuskan menggunakan fasilitas Google Ads. Langkah ini perlu disiapkan dengan matang.

Sebab dalam berbisnis, modal dan keuntungan harus dipertimbangkan dengan sebaik-baiknya agar hasil usaha tak habis hanya untuk pembayaran iklan.

Related

Internet 6330913181397806465

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item