Review Film No Country for Old Men, Film Horor-Kriminal Paling Legendaris


Naviri Magazine - No Country for Old Men adalah film yang disebut-sebut sebagai salah satu film terbaik untuk genre horor-kriminal. Film ini disutradarai Coen Brother (Joel Coen dan Ethan Coen), dan mereka pula yang menulis naskah skenarionya. 

Berdurasi 122 menit, No Country for Old Men menampilkan akting-akting menawan Tommy Lee Jones, Javier Bardem, Josh Brolin, dan lain-lain. 

Nama Coen Brothers sudah malang melintang di dunia perfilman, khususnya Hollywood. Nama mereka pun cukup sering mengisi festival ferfilman di mancanegara. Mereka memulai karir penyutradaraan lewat film Simple Blood (1984) yang cukup sukses di kalangan para kritikus film dunia. 

Beberapa tahun kemudian mereka merilis Barton Fink (1991) yang memenangkan kategori Best Director, Best Actor, juga Palme d’Or dalam festival film Cannes. Kemudian, di tahun 1996, mereka kembali merilis Fargo (1996) yang lagi-lagi mendapat banyak tanggapan positif dari kritikus. 

Dari beberapa film yang telah mereka hasilkan, mungkin No Country for Old Men (2007) yang paling sukses, dengan empat piala Oscar, yakni Best Picture, Best Director, Best Adapted Screenplay, dan Best Supporting Actor.

No Contry for Old Men dimulai langsung dengan memperkenalkan karakter Anton Chigurh (Javier Bardem), seorang pembunuh bayaran dan juga psikopat bengis yang mendapat tugas mengambil uang di dalam sebuah koper hasil pertikaian antara gembong narkoba di daerah terpencil di Kota Texas. 

Sementara itu, Llewllyn Moss (Josh Brolin), seorang veteran perang, sedang berburu di daerah yang sama, dan tidak sengaja menemukan koper itu terlebih dahulu serta membawanya pulang.

Mengetahui koper itu telah ditemukan lebih dulu oleh Moss, Chigurh pun memulai pencarian terhadap Moss. Di sisi lain, Moss telah menyadari ia sedang dibuntuti seseorang. Ia kemudian menyarankan istrinya, Carla (Kelly Macdonald), segera pergi dari Texas, sembari ia mencari tahu siapa orang yang mengincanya. 

Beberapa hari berlalu, Carla yang khawatir keadaan sang suami kemudian menghubungi Sherif Tom Bell (Tommy Lee Jones) agar mencari tahu keberadaan sang suami. Sherif Tom kemudian memulai pencarian Moss, juga pembunuh bayaran misterius yang mengganggu kotanya.

Diadaptasi dari novel Cormac McCharty berjudul sama, Coen Brothers berhasil mengadaptasi novel menjadi plot-plot yang intens, dan sarat ketegangan tanpa mengurangi karakterisasinya yang kuat. Sedikit demi sedikit, mereka berhasil menyajikan adegan-adegan yang memacu adrenalin dengan adegan yang sama sekali tidak berlebihan, hingga klimaks yang mengesankan. 

Durasi 122 menit mampu dimaksimalkan mereka berdua untuk mengungkapkan seluruh kisah, meski terkadang mereka justru terlalu fokus pada karakter pendukung (Chigurh) dibandingkan karakter utama (Serif Tom).

Dari jajaran cast, bisa dikatakan tampil sempurna. Josh Brolin bermain bagus sebagai pria yang hidupnya tidak tenang, lantaran dikejar-kejar orang yang tidak ia ketahui. Begitu juga Tommy Lee Jones yang tampil apik sebagai Sherif Tom. Meski durasinya tak sebanyak Brolin maupun Bardem, ia bisa memberikan performa yang maksimal dan dialog-dialog yang kuat. 

Dari semuanya, Javier Bardem tampil sempurna sebagai pembunuh bayaran sekaligus psikopat dengan mesin kompresor yang masih dapat tersenyum selagi menghabisi nyawa korbannya, dan terlihat sangat kejam serta tak mudah dilupakan. Tak salah jika menyandingkan karakter ini dengan yang pernah ditampilkan oleh Sir Anthony Hopkins sebagai Dr. Hannibal lecter.

Ketegangan-ketegangan yang berhasil ditampilkan dalam No Country for Old Men didukung oleh tata sinematografi dan musik skoring yang menjadi senjata lain Coen Brothers dalam meneror penonton. Kota Texas berhasil digarap segelap dan sedefresip mungkin, diiringi alunan musik dan narasi Sherif Tom. 

Berkat tata sinematografi Roger Deakins dan skoring musik Carter Burwell yang sempurna, beberapa adegan menjadi adegan yang tak mudah dilupakan, seperti saat Moss dan Chigurh saling menunggu di balik pintu, dan bersiap untuk menembak satu sama lain.

Rasanya tidak berlebihan menyebut film ini salah satu film terbaik dalam beberapa tahun terakhir, melihat hampir sempurnanya bagian keseluruhan film. Apa yang disajikan Coen Brothers dalam No Country for Old Men merupakan salah satu genre komplit dan berkualitas berkat naskah yang kuat dan akting yang sempurna. 

Berkat penceritaan yang cenderung mengarah kepada western dan horor daripada genre aslinya, crime thriller, membuat pengalaman menonton No Country for Old Men salah satu pengalaman menegangkan dan menyenangkan.

Related

Film 1315242654599907847

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item