5 Lagu Terkenal yang Liriknya Berbicara tentang Pemerkosaan


Naviri Magazine - Musik adalah bahasa universal. Musik juga media penyampaian pesan dengan lirik yang beragam. Dari lagu percintaan, protes, hingga masalah lainnya, tertuang dalam sebuah rima.

Terkadang kita mengidentikkan bahwa musik cadas pasti temanya berbau sadis semacam pembunuhan hingga pemerkosaan. Namun jangan salah, musik pop juga ada yang mempunyai lirik bertema pemerkosaan.

Seperti halnya lagu-lagu di bawah ini, yang jika kita memaknai liriknya bakal membuat tercengang. Selain itu ada lagu yang memprotes para wanita yang dianggap menjadi sumber pemerkosaan.

1. Nirvana - Polly

Melihat sepintas dari judul serta liriknya mungkin kalian akan mengira bahwa Nirvana menyanyikan lagu untuk burung piaraannya atau bertemakan absurd. Namun dugaan tersebut salah besar. Nirvana berhasil menyatirkan sebuah peristiwa pemerkosaan dan penyiksaan terhadap gadis berusia 14 tahun pada Juni 1987. 

Nama Polly sendiri mengacu pada gadis tersebut yang akhirnya berhasil lolo setelah disiksa dan diperkosa. Bisa dibilang ini adalah lirik terindah dengan bahasa perumpamaan yang tak kasar sama sekali namun sekaligus mengerikan ketika tahu seperti apa faktanya.

2. The Rolling Stones - Brown Sugar 

Secara gamblang dan jelas, The Rolling Stones menceritakan lagu tentang budak pemerkosaan. Banyak yang menginprentasikan lain mengenai lirik yang diceritakan oleh Mick Jagger. Namun lagu ini menyiratkan kirik tentang wanita yang diculik malam hari dan dikadikan budak seks dengan dikirim lewat kapal.

Gold coast slave ship bound for cotton fields/Sold in a market down in new orleans/Scarred old slaver know he's doin alright/Hear him whip the women just around midnight/Ah brown sugar how come you taste so good/(a-ha) brown sugar, just like a young girl should.

3. Grease - Summer Loving

Lagu Summer Loving di film musikal GREASE memang sangat indah. bahkan masuk dalam lagu cinta terbaik. Namun sebenarnya ada lirik yang sangat kurang mengenakkan jika diartikan dalam lagu tersebut.

Girls: Tell me more, tell me more, was it love at first sight?
Guys: Tell me more, tell me more, did she put up a fight?

Part ini di film menceritakan Danny Zuko yang bertemu dengan Sandy. Dan semua teman-temanny penasaran apakah Danny berhasil 'getting laid' dengan Sandy.

4. Jaime Foxx - Blame It

Lirik lagu ini sedikit berbahaya. menceritakan bagiamana getting laid dan mendapatkan seoarang gadis setelah berpesta alkohol. Hingga saat sadar di pagi hari yang membuat kita akan menyesalinya. Siapa yang bakal disalahkan apakah alkohol ataukah pria yang menawarinya?

Blame it on the goose, gotcha feeling loose/Blame it on the 'tron, gotcha panties off/Blame it on the ah-ah-ah-alcohol, blame it on the ah-ah-ah-alcohol/Blame it on the vodka, blame it on the henny/Blame it on the blue tap got you feeling dizzy/Blame it on the ah-ah-ah-alcohol, blame it on the ah-ah ah-ah ah-al-co-hol

5. Aus Rotten - The Second Rape

Banyaknya kasus pemerkosaan yang terjadi sering dikaitkan dengan perilaku serta dandanan wanita. Dan kenapa harus wanita yang disalahkan dengan tuduhan tidak menutup aurat dan lainnya? 

Saat ini hukum memang menindak para pemerkosa, namun bagiamana dengan mereka yang menjadi korban? Mereka juga merasa terhukum seumur hidup. Band anarcho punk asal Amerika ini menyuarakan secara lantang nasib dan penderitaan wanita yang terlalu disudutkan dalam setiap kasus pemerkosaan.

Woman is the victim you desire/You say you can't resist your predatory fire/You tell me why I stand guilty and accused/You tell me when I'm beaten an abused/When it's my body that's been raped and defiled/You tell me why I'm the one on trial.

Related

Music 8284915365346019695

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item