8 Karier yang Cocok untuk Introvert: Minim Interaksi Gaji, Tetap Tinggi


Naviri Magazine - Di dunia kerja, tentu dibutuhkan kemampuan berbicara dan bersosialisasi secara baik. Kemampuan ini memang lebih cocok untuk orang-orang ekstrovert. Lantas, bagaimana dengan seorang introvert yang sedang mencari pekerjaan?

Introvert memang sosok yang menghargai waktu untuk sendiri dan lebih suka berinteraksi dengan orang tertentu daripada banyak orang. Faktanya, ada beberapa klasifikasi kelompok introvert yang dapat membantu untuk mengidentifikasi karier yang cocok untuk mereka.

Psikolog dan peneliti, Jonathan Cheek menunjukkan bahwa ada empat subkelompok introvert, yakni social introvert, anxious introvert, thinking introvert, dan restrained introvert.

Psikolog klinis dari Amerika Serikat (AS), Carla Marie Manly, PhD, mengatakan, “Mengetahui tipe introvert adalah kunci untuk menentukan lingkungan kerja yang paling pas.” Lantas, seperti apa penjelasan dari masing-masing subkelompok introvert itu?

Subkelompok introvert yang pertama adalah social introvert. Ini merupakan gambaran umum dari introvert yang suka menyendiri. Mereka lebih suka bekerja sendiri dan menikmati me-time. Bagi social introvert, membatalkan janji bertemu dengan banyak orang adalah suatu berkah, bukan kutukan. Mereka cenderung tidak cocok bekerja dalam tim.

Kemudian, ada anxious introvert yang merupakan tipe orang yang mudah cemas. Anxious introvert berbeda dengan social introvert. Perbedaannya ada pada masalah kecemasan sosial. Anxious introvert cenderung menghindari interaksi sosial untuk menghindari perasaan panik karena rasa tidak aman dan canggung.

Subkelompok introvert yang ketiga adalah thinking introvert. Orang-orang dengan tipe ini suka memikirkan ide-ide cemerlang dengan cepat. Kebiasaan berpikir inilah yang mengklasifikasikan mereka sebagai introvert yang tidak akan menghindari interaksi sosial. Tidak seperti social introvert dan anxious introvert, thinking introvert senang bekerja dalam tim.

Lalu, adarestrained introvert yang cenderung pendiam di awal. Namun, ketika mereka sudah terbiasa dengan seseorang atau situasi, mereka akan terbuka. Mereka hanya terbuka dengan orang-orang yang mereka percaya.

Setelah mengetahui empat subkelompok introvert, career coach dari AS, Maggie Mistal dan Kimberly Lucht, merekomendasikan delapan pilihan karier untuk orang-orang introvert. Berikut beberapa pilihannya.

1. Akuntan

Jenis pekerjaan ini cocok untuk social introvert yang menghindari interaksi dengan banyak orang. Pekerjaan ini memudahkan social introvert untuk bisa berkomunikasi secara empat mata dengan klien dan kolega kerjanya.

2. Penulis lepas

Penulis lepas adalah pekerjaan yang cocok untuk social introvert, thinking introvert, dan anxious introvert. Pekerjaan ini memberikan ruang untuk menuangkan ide ke dalam cerita bagi thinking introvert. Sementara itu untuk social introvert dan anxious introvert, pekerjaan ini memungkinkan mereka untuk bekerja secara mandiri.

Selain itu, orang-orang introvert cenderung secara alami mengekspresikan diri mereka lewat tulisan ketimbang lisan. "Introvert biasanya menjadi penulis yang luar biasa. Hal ini sangat penting jika kalian ingin berkomunikasi dan membuat konten untuk audiens," kata Kimberly Lucht.

3. Data analyst

Profesi data analyst berhubungan dengan angka. Ini sangat cocok untuk anxious introvert. Bagi seorang anxious introvert yang tidak menyukai interaksi dan lebih suka melihat data, profesi data analyst adalah yang sangat cocok.

4. Profesional medis

Maggie Mistal merekomendasikan pekerjaan di dunia medis untuk restrained introvert. Rasa aman di lingkungan kerja memungkinkan mereka memiliki pekerjaan jangka panjang dan ruang bertumbuh bersama rekan kerja.

"Dokter dan dokter gigi juga menawarkan lingkungan tim yang kecil dan erat serta basis pasien jangka panjang yang stabil sehingga introvert dapat merasa nyaman dan tidak terlalu terkekang dari waktu ke waktu," katanya.

5. Fotografer travel

Pekerjaan ini sangat baik untuk seorang social introvert yang berpikiran kreatif dengan kamera seperti alat andalan mereka. Maggie Mistal menyarankan fotografer travel sebagai pilihan yang bagus untuk social introvert yang menggunakan keterampilan fotografi untuk menangkap pemandangan indah. 

Social introvert mungkin terasa jauh lebih nyaman mengerjakan ini ketimbang menjadi fotografer pernikahan yang ramai dan riuh.

6. Konsultan di bidang teknologi informasi (IT)

Untuk seorang introvert yang lebih suka bekerja sendiri daripada hadir dalam rapat kelompok, konsultan di bidang IT mungkin menjadi pekerjaan yang tepat.

"Saya merekomendasikan pekerjaan di mana interaksi sosial bukanlah persyaratan utama sebagai keberhasilan pekerjaan. Konsultan IT lebih banyak bekerja dengan alat atau mesin, seperti hardware (perangkat keras) teknologi informasi, perdagangan, pertanian, konstruksi, atau operator alat berat," kata Maggie Mistal.

7. Ilmuwan

Menjadi seorang ilmuwan mungkin adalah pilihan pekerjaan yang tepat untuk thinking introvert. Maggie Mistal menegaskan bahwa tipe introvert ini bekerja lebih baik ketika mereka menggunakan imajinasi mereka, merumuskan hipotesis, dan mengatur konsep.

8. Entrepreneur

Pekerjaan ini cocok untuk seseorang yang mempunyai banyak ide cemerlang seperti thinking introvert. "Introvert, menurut pengalaman saya, juga kemungkinan besar akan berkembang dalam menjalankan bisnis dan menjadi bos bagi diri mereka sendiri karena mereka tidak segan-segan mengerjakan proyek sendirian," kata Kimberly Lucht.

Related

Psychology 137991608835858879

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item