Anak Muda Kekinian Menjalani Gaya Hidup Tak Sehat, Ini Kata Dokter


Naviri Magazine - Generasi muda zaman sekarang adalah generasi yang lebih jarang bergerak atau kurang menggerakkan tubuh. Untuk naik turun, mereka menggunakan lift, bukan tangga. Untuk menuju ke suatu tempat, mereka menggunakan kendaraan, bukan jalan kaki. 

Selama bekerja, mereka juga lebih banyak duduk dan jarang bergerak, semisal berjalan. Sementara itu, mereka juga kerap menghabiskan waktu di depan televisi, atau asyik duduk bersama ponsel.

Terkait hal tersebut, ahli gizi Rumah Sakit PMI Bogor, Jawa Barat, dr Niken Churniadita, mengatakan gaya hidup kebanyakan anak muda saat ini adalah gaya hidup yang cenderung tidak sehat. 

Hal ini dipicu dengan banyaknya anak muda yang nongkrong di cafe atau restoran cepat saji, menghabiskan waktu duduk berjam-jam sambil mengonsumsi minuman bersoda atau kafein, yang menurut Niken, pola seperti itu bukan cerminan pola hidup sehat.

"Kalau sudah ditambah dengan merokok dan mengonsumsi alkohol, gaya hidup seperti ini semakin tambah parah," katanya.

Gaya hidup sehat didukung dengan aktif bergerak atau berolahraga. Bagi pekerja kantoran, aktivitas olahraga kerap terlupakan karena minimnya waktu luang yang tersedia.

"Selama bekerja kebanyakan duduk, tidak aktif bergerak, maka asupan makanan yang kita konsumsi tadi tidak terolah dengan baik, maka akan menjadi lemak," kata Niken.

Gaya hidup yang terpola seperti itu, bisa menimbulkan obesitas di kemudian hari. Sementara untuk mencegah obesitas, lanjutnya, diperlukan komitmen dan kemauan yang kuat untuk menjalankan pola hidup yang sehat dengan makan gizi seimbang.

"Olah raga teratur tidak harus nge-gym. Dengan meluangkan waktu bergerak, entah itu naik turun tangga atau berjalan kaki selama 30 menit tanpa jeda, itu sama dengan olah raga. Asal tidak ada jeda, berkelanjutan selama 30 menit setiap hari," katanya.

Niken menambahkan, banyak pasien obesitas yang datang sudah disertai dengan penyakit penyerta, seperti diabetes, hipertensi, dan gangguan lainnya.

"Yang datang tidak hanya usia lanjut, ada juga yang masih muda. Alasan kenapa mereka obesitas sama, karena pola makan tidak sehat dan gaya hidup yang tidak sehat juga," katanya.

Related

Health 1922838061102753110

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item