Cara Makan Orang-orang yang Berumur Panjang, Tetap Sehat dan Bahagia Sampai Tua


Naviri Magazine - Hidup sehat dan bahagia dengan umur yang panjang adalah impian semua orang. Tapi bagaimana bisa mendapatkannya? 

Untuk tahu bagaimana mencapai umur panjang, para ahli mendaftar area di dunia yang penduduknya hidup lebih lama, termasuk Sardinia di Italia, Okinawa di Jepang, Loma Linda di California. Daerah-daerah ini diberi label sebagai zona biru. Penduduknya banyak yang hidup sampai usia 100 tahun.

Ahli kemudian mencari tahu apa saja yang dikonsumsi dan kebiasaan orang-orang yang tinggal di daerah itu. Ditemukan bahwa orang-orang di zona biru aktif sepanjang hari, memiliki hubungan yang berarti dalam komunitas mereka dan merasakan tujuan.

Di luar itu, ternyata pola makan atau diet mereka ditemukan memiliki beberapa kesamaan. Berikut adalah beberapa tips diet penduduk zona biru yang dapat membantu.

1. Makan biji-bijian

Makan setidaknya setengah cangkir biji-bijian setiap hari sangat bagus untuk kesehatan. Sertakan kacang hitam, kacang Arab, dan kacang putih dalam diet harian. Kacang merupakan sumber protein nabati yang murah dan sarat dengan serat untuk membantu menjaga berat badan tetap terkendali, menurunkan risiko berbagai penyakit, dan meningkatkan kesehatan usus.

2. Sayuran silangan

Sayuran silangan seperti brokoli, kembang kol, dan kubis mengandung senyawa alami yang baik untuk jantung, bahkan disebut dapat membantu menangkal beberapa jenis kanker.

3. Ngemil kacang

Makanlah sekitar 60 gram kacang setiap hari, yaitu sekitar dua genggam pistachio, kenari, dan almond bersama dengan beberapa biji-bijian untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan.

4. Minum lebih banyak air

Orang yang tinggal di zona biru memang minum kopi dan teh, tetapi sebagian besar hidrasi mereka berasal dari air. Mereka menghindari minuman dengan kandungan gula tinggi seperti soda karena tak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

4. Makan sedikit gula

Orang yang tinggal di zona biru sangat berhati-hati dengan asupan gula. Mereka meminimalkan asupan gula tambahan. Jadi, daripada makanan dan minuman manis, mereka cenderung makan gula dengan sengaja hanya pada acara-acara khusus.

5. Makan sedikit daging

Lebih banyak makanan nabati dan kacang-kacangan adalah salah satu kunci untuk hidup sehat dan panjang umur. Daging boleh saja sebagai lauk tapi tidak boleh sering-sering. Sumber protein utama mereka adalah sayuran hijau, tahu, dan kedelai.

6. Bersyukur dan makan bersama keluarga

Setiap hari, luangkan waktu sejenak dan tunjukkan rasa syukur sebelum makan. Menikmati makanan bersama orang tersayang membuat merasa lebih bahagia saat mengonsumsi makanan, yang juga berdampak pada kesehatan.

7. Ikuti tips orang tua

Nasihat terbaik tentang subjek apa pun hanya dapat diberikan oleh orang yang mengetahuinya dan telah mengalaminya. Jadi, ngobrol bersama kakek-nenek dan ambil pelajaran hidup dari mereka.

Related

Health 2773298675343970504

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item